Jawaban Marketplace: Ini Akibat Sibuk Bekerja dan Gak Ada Waktu Buat Keluarga

Finance / 11 April 2022

Kalangan Sendiri

Jawaban Marketplace: Ini Akibat Sibuk Bekerja dan Gak Ada Waktu Buat Keluarga

Lori Official Writer
521

Berkarir sembari membesarkan anak tentu saja menjadi tantangan besar bagi orang tua. Salah satunya waktu yang semakin berkurang antara orang tua dan anak.

Seperti fakta yang terjadi, ada banyak orang tua yang terpaksa pulang larut malam dan mendapati anak sudah tidur. Sehingga waktu untuk bercengkrama atau berkomunikasi dengan anak sama sekali tidak ada.

Kondisi inilah yang pernah dialami oleh Coach Yungky Setiawan dan juga Mia Dharma di masa lalu ketika mereka baru membangun karir. Sebagai seorang ibu, Mia mengaku jika waktu bekerja menyita begitu banyak kesempatan untuk bersama dengan anak.

Pengalaman itulah yang mengajarkan Mia Dharma untuk menerapkan prinsip ‘Kehidupan yang Terintegrasi’. 

“Saya lebih suka pake istilah integrasi. Kehidupan yang terintegrasi. Jadi semuanya bisa berjalan dengan baik ketika saya punya waktu dengan anak-anak saya, saya berusaha fokus 100% dengan mereka. Ketika saya harus bekerja di kantor, saya fokus dalam pekerjaan mereka. Ketika saya dalam pelayanan juga saya fokus dalam waktu yang sama,” terang Coach Mia Dharma.

 

Baca Juga: Pilih Tipe Karyawan Mana, Attitude Baik Skill Biasa atau Attitude Buruk Skill Bagus?

 

Senada dengan itu Coach Yungky menegaskan bahwa saat orang tua sibuk bekerja, hal terpenting yang perlu dibangun dalam keluarga supaya tidak kehilangan momen kebersamaan adalah melalui tiga hal penting.

“Di dalam keluarga itu harus ada satu love, kemudian caring harus ada. Kemudian antar keluarga ini bisa berkomunikasi dengan baik. Jadi gini, sesibuk-sibuknya kita kalau memang kita tidak bisa hadir secara fisik bersama dengan anak-anak kita, hari ini kita diberkati lyar biasa dengan kemajuan teknologi. Sehingga kita bisa berkomunikasi anytime dengan keluarga kita. Melalui video call, melalui whatsapp, melalui phone call, semua itu bisa kita lakukan diwaktu-waktu senggang kita kalau kita gak sempat berada secara fisik dengan keluarga,” terang Coach Yungky.

Sebagai orang tua, ada tiga hal penting yang perlu diprioritaskan dalam kehidupan yaitu Tuhan, keluarga dan pekerjaan. Untuk memastikan ketiganya berjalan seimbang, orang tua perlu melakukan manajemen waktu yang baik.

 

Baca Juga: Lagi Cari Penghasilan Tambahan, Bagusnya Investasi atau Freelance?

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai working life balance, diantaranya:

1. Bekerja secara produktif. Apakah Anda bekerja secara kuantitatif atau kualitatif? Bekerja dalam jangka waktu yang lama tidak membuktikan bahwa Anda produktif. Tetapi pekerjaan 8 jam yang bisa dikerjakan selama 3 jam dengan hasil yang baik merupakan sistem kerja yang produktif.

2. Utamakan hal yang prioritas. Orang tua perlu memastikan mana hal pertama yang harus diprioritaskan dalam pekerjaan. Orang tua perlu memilih prioritas mana yang harus didahulukan. Misalnya ketika di waktu yang bersamaan ada janji dengan anak sementara masih ada pekerjaan yang menanti. Orang tua perlu memastikan apakah pekerjaan tersebut bisa ditunda atau tidak? Jika ternyata bisa ditunda, maka tinggalkan pekerjaan sejenak dan penuhi janji dengan anak. Dan jika ternyata pekerjaan tidak bisa ditinggalkan, pastikan untuk berkomunikasi dengan anak terlebih dahulu.

3. Disiplin dan atur waktu. Tuhan memberi setiap orang kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik. Untuk itu dibutuhkan kerja sama yang baik antara suami istri yang sama-sama bekerja untuk mengatur waktu dalam mengambil peran mendidik dan membesarkan anak bersama.

 

Baca Juga: Apakah Menjadi Karyawan Kita Bisa Sukses? Begini Kata Coach Yungky Setiawan

 

Untuk mendengar penjelasan para coach seputar pengalaman menjalani kehidupan yang seimbang antara pekerjaan dan keluarga, yuk saksikan selengkapnya di video di bawah ini.

 

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami