Ini Cara Agar Pernikahan Kita Menjadi Role Model untuk Anak

Marriage / 6 April 2022

Kalangan Sendiri

Ini Cara Agar Pernikahan Kita Menjadi Role Model untuk Anak

Contasia Christie Official Writer
661

Anak-anak mengamati reaksi, suasana hati, dan cara kita merespons stres. Mereka meniru kita tanpa kita menyadarinya. Ketika anak-anak kita hidup serumah dengan kita, kita punya tanggung jawab besar untuk melatih mereka menjadi orang dewasa yang terhormat, pekerja keras dan bagaimana hidup harmonis dengan orang-orang yang tinggal bersama mereka. Misalnya saudara kandung mereka, teman sekamar, dan suatu hari pasangan.

Jadi, bagaimana caranya agar pernikahan kita bisa menjadi teladan yang baik bagi perkembangan anak-anak kita?

 

1. Tak sungkan berkata maaf

Menjadi teladan kerendahan hati dan pengampunan dapat memberi kehidupan dalam pernikahan kita. Ketika kita dapat mengakui kesalahan dan kekurangan kita, tak sungkan memintaan maaf, itu sudah menjadi teladan yang baik untuk anak-anak kita. Meneladani nilai-nilai yang berharga ini dapat mengajari mereka untuk hidup dengan kerendahan hati.

Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu v  dalam hal saling membantu.Efesus 4:2

 

2. Saling memaafkan

Ketika anak-anak kita melihat kita meminta maaf dan mengampuni dalam pernikahan kita, itu akan memberdayakan mereka untuk melakukan hal yang sama dalam hubungan mereka. Seperti kata firman Tuhan dalam Efesus 4:31-32, “Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang  dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”

 Baca juga : Pasangan Cerewet dan Suka Marah-Marah? Coba Ganti Gaya Komunikasimu Seperti Ini

 

3. Saling menghormati

Jangan mengucapkan kata-kata kasar saat pasangan Anda tidak ada. Tunjukkan kepada anak-anak bahwa Anda berada di tim yang sama. Ucapkan kata-kata positif satu sama lain. Hormati pasangan Anda. Bersikap ramah dan pemaaf. Ucapkan tolong dan terima kasih dan cintai mereka seperti yang Anda ingin anak-anak Anda cintai.

Matius 7:12 - "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

 

4. Saling melayani

Ketika kita melayani pasangan kita di depan anak-anak kita, itu mengajarkan mereka bahwa adalah mungkin untuk mengesampingkan diri kita sendiri untuk orang lain. Melayani dapat terlihat seperti banyak hal. Bisa dengan memberikan me time, menyediakan yang pasangan butuhkan, membantu melakukan tugas, dan lainnya.  

Kisah Para Rasul 20:35 – “Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima."

Sumber : crosswalk
Halaman :
1

Ikuti Kami