5 Ayat Alkitab yang Perlu Orangtua Ketahui Tentang Mengasuh Anak

Relationship / 31 March 2022

Kalangan Sendiri

5 Ayat Alkitab yang Perlu Orangtua Ketahui Tentang Mengasuh Anak

Claudia Jessica Official Writer
491

Sebagai orang tua, ada begitu banyak beban yang harus ditanggung, termasuk mendidik dan membesarkan anak. Akan ada masa-masa yang menantang, tetapi sebagai anak Allah, kita tidak sendirian.

Allah memberikan kita petunjuk untuk menjadi orang tua. Ada banyak ayat di Alkitab yang membantu untuk membimbing kita menjadi orang tua. Mari kita lihat lima ayat yang berhubungan dengan parenting berikut:

 

1. “Anak-anak adalah pemberian Allah, sesungguhnya, mereka itu anugerah” (BIS) Mazmur 127:3

Ayat ini memberitahu kita bahwa anak adalah anugerah yang Tuhan berikan kepada pasangan suami-istri. Cara agar anak menyadari betapa berharganya mereka adalah dengan menghargai mereka. Kita bisa bersyukur kepada Tuhan atas anak-anak kita setiap hari, mengingat ada beberapa pasangan yang tidak dikaruniai anak.

 

2. “Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku” (TB) Mazmur 139: 13-18

Tuhan telah merajut anak Anda sejak dalam kandungan ibunya. Tidak ada yang kebetulan, setiap detail adalah rancangan Tuhan. Ketika seorang anak mengerti bahwa Tuhan menciptakannya, akan lebih mudah baginya untuk menerima dirinya sendiri.

 

BACA JUGA: Ayo Siapkan Dana Pendidikan Anak Sedari Dini dengan 7 Jenis Tabungan dan Investasi Ini!

 

3. “Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.” (TB) Ibrani 12:11

Ayat ini memberitahu kita bahwa Tuhan berada dalam kedisiplinan. Tuhan mendisiplinkan orang yang Dia kasihi, dan anak-anak perlu mengetahui bahwa kita mendisiplinkan mereka untuk hal yang sama.

 

4. “Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?” (TB) Matius 6:31-33

Dalam perikop ini, Tuhan menunjukkan kepada kita bahwa Dia mengetahui kebutuhan dasar kita. Dan di ayat 33, Tuhan memberi tahu kita apa yang paling penting. Pertama, kita harus mencari dia. Semakin kita dapat menunjukkan kepada anak-anak kita bagaimana melakukan ini, semakin itu akan menjadi sifat kedua bagi mereka.

 

5. “Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.” (TB) Amsal 3:5-6

Kebanyakan dari kita telah belajar bahwa kita perlu bersandar pada Tuhan. Dalam ayat-ayat ini, Alkitab mengingatkan kita untuk percaya sepenuhnya kepada Tuhan. Tapi terkadang, alih-alih bersandar pada Tuhan, kita mencoba mencari tahu sendiri. Akan ada saat-saat dalam hidup Anda sebagai orang tua ketika Anda dapat membagikan apa yang terjadi ketika Anda mempercayai Tuhan hanya dengan sebagian dari hati Anda. Itu akan menjadi sesuatu yang akan selalu mereka ingat.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami