Belajar dari Kasus Will Smith, Ini Cara Menanamkan dan Mempertahankan Harga Diri Keluarga

Marriage / 30 March 2022

Kalangan Sendiri

Belajar dari Kasus Will Smith, Ini Cara Menanamkan dan Mempertahankan Harga Diri Keluarga

Contasia Christie Official Writer
532

Saat perhelatan piala Oscar beberapa waktu kemarin ada hal yang mengejutkan dan akhirnya viral, yaitu saat Will Smith menampar Chris Rock. Semua itu bermula saat Chris Rock melanturkan lelucon soal Jada Pinkett Smith, istri Will Smith. Chris membandingkannya dengan Demi Moore yang sempat mencukur habis demi film G.I Jane 2. Dilansir dari AFP, Chris menyarankan Jada untuk muncul dalam sekuel film tersebut.

Memang Will Smith saat itu nampak tertawa, tapi akhirnya ia naik ke panggung dan memukul Chris. Setelah itu ia berseru,”Jauhkan nama istriku dari mulutmu!” saat kembali ke kursinya. Dari kasus ini kita bisa melihat bahwa Will Smith mempertahankan pasangannya untuk tidak menjadi bahan lelucon yang sebenarnya itu merupakan body shaming, padahal Jada melakukan hal itu karena mengidap penyakit Alopecia.

Kasus ini banyak menuai pro kontra di kalangan netizen. Tidak sedikit juga dari mereka yang mendukung Will Smith yang jantan karena memtahankan kehormatan serta harga diri pasangannya. Lalu bagaimana kalau kasus ini yang mengalami adalah kita sendiri? Berikut ini cara menanamkan harga diri keluarga dari pandangan negatif orang:

 

1. Tumbuhkan rasa saling memiliki dalam keluarga

Dengan rasa saling memiliki, maka dalam keluarga kita bisa saling mendukung dan mengerti kebutuhan satu dengan lainnya. Komunikasi yang baik juga semakin mendukung hal ini. Dengan adanya komunikasi yang terbangun baik, maka setiap anggota keluarga akan terbuka menceritakan setiap konflik yang dialaminya.

Baca juga : Lontarkan 5 Kata Ajaib Ini, Agar Hubunganmu dengan Pasangan Langgeng Terus

 

2. Tunjukkan tujuan keluarga

Yakinkan keluarga tentang tujuan mereka sebagai anggota keluarga lewat kasih sayang dan dukungan tanpa syarat. Orang tua juga bisa membantu anak-anaknya menetapkan tujuan dengan mempersilakan anak untuk mengerjakan banyak hal serta menentukan pilihan secara mandiri, memberikan arahan, dan memberikan ruang untuk mengekspresikan diri mereka.

Jelaskan kepada setiap anggota keluarga dan pasangan tentang rencana Tuhan dan bersyukur semua atas rancangan Tuhan dalam hidup masing-masing anggota keluarga (Yeremia 29:11). Saat masing-masing anggota keluarga sudah memahami rancangan Tuhan, maka mereka akan saling melindungi.

 

3. Memberikan dukungan walaupun ada kesalahan dan kekurangan

Semua orang bisa melakukan kesalahan atau memiliki kekurangan. Dan hanya anggota keluarga yang bisa saling menerima dan mendukung. Kenapa harus ada dukungan? Agar tidak lagi melakukan kesalahan tersebut, atau tetap percaya diri dengan kekurangan yang dimiliki. Will sangat mengerti kekurangan yang dimiliki oleh istrinya dan dia tahu perjuangan istrinya selama ini. Dia melakukan hal itu ke Chris sebagai bentuk dukungannya dan ungkapan tidak suka kepada Chris yang telah mengejek istrinya. Walaupun memang kekerasan tidak dibenarkan ya. 

Halaman :
1

Ikuti Kami