3 Hal yang Terjadi Saat Roh Kudus Sedang Bekerja Atas Seseorang

Kata Alkitab / 16 March 2022

3 Hal yang Terjadi Saat Roh Kudus Sedang Bekerja Atas Seseorang

Lori Official Writer
1649

Pernahkah Anda mendengar orang Kristen berkata, “Tuhan berbicara kepadaku.”

Bagi Anda hal itu terdengar menakutkan bukan? Anda mungkin seakan tidak percaya dan menilai orang itu sedang mengigau. Karena seumur-umur belum pernah sekalipun mengalami hal supranatural seperti mendengar suara Tuhan secara audible. Bahkan kadang kita bingung kenapa Tuhan belum menjawab setiap persoalan yang sedang kita alami dalam hidup. Seperti ketika kita tidak tahu harus melakukan apa dan apa yang Tuhan mau untuk kita lakukan dalam hidup. 

Lalu bagaimana mungkin ada orang yang mendengar Tuhan secara langsung dan seketika menjawab semua pertanyaan demi pertanyaannya? Tentu saja aneh bukan?

Tapi tahukah Anda bahwa mendengar suara Tuhan bukan berarti ada suara yang menggema seperti saat kita bicara dengan orang yang ada di hadapan kita. Tuhan bisa berbicara kepada kita dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengkomunikasikan isi hati Tuhan kepada kita melalui Roh Kudus. Karena Yesus sendiri telah menjanjikan bahwa Roh-Nya akan menyertai kita dan akan menjadi perantara antara kita dengan Dia. 

 

Baca Juga: 17 Peran Penting Roh Kudus Dalam Hidup Orang Percaya

 

Jika kita kembali ke Perjanjian Baru dimana para rasul menyebarkan injil ke segala penjuru negeri, itu semata-mata karena mereka disertai oleh kuasa Roh Kudus. Ada begitu banyak pekerjaan Roh Kudus yang terjadi sehingga semakin banyak orang yang percaya kepada Yesus.

Ada 3 hal yang terjadi saat Roh Kudus sedang bekerja dalam hidup Anda.

1. Selalu dibukakan tentang kebenaran firman Tuhan

Pernahkah Anda melanggar kebenaran firman Tuhan, lalu hati Anda merasa tidak tenang? Lalu sepanjang hari atau minggu Anda kerap mendapatkan ayat-ayat yang relevan dengan keadaan Anda?

Roh Kudus akan bekerja untuk membawa Anda kembali kepada kebenaran firman Tuhan. Namun dia akan melakukannya dengan cara yang sangat lembut dan tak terduga. Tentu saja itu bukan sebuah kebetulan, tetapi itu adalah bentuk kasih yang Tuhan tunjukkan.

“Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku." (Yohanes 16: 12-15)

 

Baca Juga: 26 Ayat Alkitab yang Bicara Soal Peran Roh Kudus

 

2. Mendapatkan pemahaman baru yang belum pernah ada

Pernahkah Anda mendengar seseorang berkata jika dia ‘mendapat pengertian yang baru’ setelah membaca firman Tuhan?

Itulah pekerjaan Roh Kudus. Ada banyak orang yang mencoba mencari pengetahuan dan kebijaksanaan dengan cara belajar, bermeditasi, berlibur maupun mengasingkan diri. Mereka percaya jika semesta akan memberikan mereka pencerahan baru. 

Untungnya orang percaya tidak perlu harus melakukan semua itu. Karena semua orang yang percaya sudah dimateraikan dengan Roh Kudus yang akan bekerja untuk menyampaikan ilham-ilham ilahi. Bukan saja hanya sekadar ‘pengertian yang baru’ tetapi ketika kita fokus kepada Tuhan maka Roh Kudus akan berkarya untuk membukakan hal-hal yang bahkan tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami