3 Hal yang Terjadi Saat Roh Kudus Sedang Bekerja Atas Seseorang
Sumber: Renungan Lentera

Kata Alkitab / 16 March 2022

Kalangan Sendiri

3 Hal yang Terjadi Saat Roh Kudus Sedang Bekerja Atas Seseorang

Lori Official Writer
6617

Seseorang yang dipenuhi Roh Kudus akan bertindak dan berpikir dengan cara yang berbeda karena dia dipenuhi hikmat ilahi. Hikmat itu tidak sama dengan hikmat yang kita dapatkan melalui meditasi atau pelajaran karakter saja.

“Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh. Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain. Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.” (1 Korintus 2: 10-16)

 

Baca Juga: Apa Peran Roh Kudus dalam Kehidupan Orang Kristen?

 

3. Diberi hati yang penurut, mau mendengarkan dan menerima kebenaran

Kita bisa membaca Alkitab hanya seperti sebuah buku biasa saja ketika kita tidak mengandalkan Roh Kudus untuk membuat kita memahami isinya. Orang-orang yang tidak dipimpin oleh Roh saat membaca Alkitab mungkin bisa mendapatkan beberapa pemahaman dari sana. Namun orang-orang yang membacanya dengan pimpinan Roh Kudus akan mengalami pengalaman yang berbeda. Bukan saja membuat kita memahami isinya, tetapi Roh Kudus akan bekerja untuk membuat hati kita terbuka untuk mau mendengar dan menerima kebenaran yang disampaikan di dalamnya. 

Roh Kudus tidak berhenti di situ saja, tetapi firman itu dibuat tinggal di dalam hati si pembaca sehingga dia menjadikannya sebagai pedoman untuk menghidupi kehidupannya. 

Jadi jangan heran jika ada banyak orang yang hidupnya berubah setelah membaca Alkitab. Itu semua karena Roh Kudus sedang bekerja di dalam hati orang tersebut.

Jika Anda memahami peran Roh Kudus dalam hidup orang percaya, maka Anda tidak lagi heran ketika ada orang yang mengaku mendengar suara Tuhan. Kita tahu bahwa Roh Kudus berasal dari Tuhan, jadi kita tidak bisa membatasi pekerjaan-Nya.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami