Lakukan 6 Hal Ini Supaya Setiap Anggota Komunitas Gereja Bertumbuh Secara Rohani
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 14 March 2022

Kalangan Sendiri

Lakukan 6 Hal Ini Supaya Setiap Anggota Komunitas Gereja Bertumbuh Secara Rohani

Lori Official Writer
4288

2. Ajarkan tentang mengasihi satu sama lain

“Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.” (Yohanes 13: 34-35)

Murid-murid Yesus diajarkan untuk mengasihi Tuhan dan sesame (Ulangan 6: 5 dan Imamat 19: 18). Yesus juga menegaskan supaya mereka saling mengasihi seperti Dia sudah lebih dulu mengasihi mereka. Ini adalah bentuk kasih agape yang rela mengorbankan nyawanya sendiri demi keselamatan hidup semua orang.

Jadi, leader doronglah setiap anggota untuk saling mengasihi dengan cara-cara untuk mereka maisng-masing. Saat mereka bertumbuh, maka tindakan mereka akan mencerminkan buah kasih.

 

Baca Juga:

Kenapa Orang Kristen Lebih Bertumbuh Dalam Komunitas Rohani?

10 Ayat Alkitab Tentang Pentingnya Pemuridan

 

3. Motivasi yang membangun antar anggota

“Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan.” (1 Tesalonika 5: 11) 

Membangun memiliki arti seperti menaruh dasar yang kokoh. Dalam pembangunan rumah, seorang kontraktor harus memastikan fondasinya kuat sebelum membangun ke atas. Jadi di dalam komunitas atau kelompok kecil kita, teruslah menggali yang terbaik dari dalam diri setiap anggota. Kenali mereka secara otentik dan berikan motivasi untuk menjadi apa yang mereka inginkan.

 

4. Menjadi terbuka dan transparan

Bagi sebagian orang menjadi terbuka dan transparan tentang kehidupannya mungkin sesuatu yang agak sulit. Ya, sebagai pemimpin kita perlu menghargai privasi setiap anggota. Namun sesulit apapun itu, yakinkan setiap anggota untuk tidak menyimpan persoalan mereka sendiri. Pastikan untuk terbuka satu sama lain dan sebagai satu tubuh di dalam Kristus, itu adalah waktu untuk saling mendukung dan menguatkan.

Untuk membangun transparansi ini, seorang leader harus bisa menjadi orang yang terbuka lebih dulu. Karena tindakan biasanya berbicara lebih kuat daripada sekadar ucapan.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami