Capai Financial Freedom Lewat Frugal Living, Hidupi 5 Kebiasaan Ini Setiap Hari

Finance / 10 March 2022

Capai Financial Freedom Lewat Frugal Living, Hidupi 5 Kebiasaan Ini Setiap Hari

Lori Official Writer
551

Apa itu frugal living? Dalam bahasa sederhananya, frugal living adalah gaya hidup hemat.

Para penganut kebiasaan frugal living ini biasanya menerapkan kehidupan hemat sehari-hari hingga bisa menabung sampai 50% dari penghasilannya.

Banyak menyamakan gaya hidup frugal living ini dengan pelit. Tapi benarkah demikian? Tentu saja keliru. Karena mereka yang menerapkan gaya hidup ini tidak serta merta terlepas dari kebutuhan untuk memiliki benda atau barang tertentu. Karena penekanan dari hidup frugal ini adalah kepada tujuan penghematan keuangan yang diterapkan.

Seperti dalam judul artikel ini bahwa tujuan akhir dari penerapan frugal living ini sebenarnya adalah financial freedom atau kebebasan finansial di usia tertentu.

Jadi untuk mencapai tujuan ini, mereka yang menerapkan gaya hidup frugal living harus menghidupi aturan-aturan yang ditetapkan.

Salah satunya adalah four percent rule atau aturan 4 persen. Ketika kita bisa mengumpulkan sejumlah uang berdasarkan hitungan 4% rule ini, maka kita bisa dikatakan sudah mencapai financial freedom.

Jadi frugal living lebih menekankan tentang bagaimana memperoleh sesuatu dengan cara yang lebih murah. Jadi, mereka yang hidup secara frugal menerapkan prinsip bahwa setiap pengeluaran harus sesuai dengan value for money. 

 

Baca Juga: Mau Tahu Cara Membedakan Pelit atau Hemat? Cobain Tes Sekarang!

 

Lalu bagaimana cara mencapai financial freedom melalui gaya hidup frugal living ini?

Salah satunya bisa belajar dari gaya hidup miliarder dunia Waren Buffet. Banyak yang percaya bahwa sekalipun Warren tajir melintir, namun dia tetap menunjukkan kehidupan sederhana dalam kesehariannya. Seperti contoh dia tetap tinggal di rumah sederhana selama 60 tahun. Kemudian dia memilih untuk membeli rumah secara kredit dan menggunakan uang yang dia punya untuk investasi. 

Bukan hanya itu, Buffet juga tidak malu menggunakan mobil tuanya untuk aktivitas sehari-hari. Dia juga bahkan tidak terlalu peduli dengan baju-baju brand. Meskipun sudah memiliki banyak uang, namun Buffet hanya membelanjakan uangnya sesuai batas kemampuan dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

Apa yang bisa dilakukan untuk menerapkan gaya hidup frugal living ini dalam kehidupan Anda sehari-hari?

Berikut 5 kebiasaan hidup hemat yang bisa Anda terapkan.

1. Beli Barang Belanjaan Hemat Sesuai Budget 

Gaya hidup frugal living akan memanfaatkan diskon, kupon atau promo-promo harga tertentu saat berbelanja. Namun perlu dicacat bahwa mereka tidak pernah mengorbankan kualitas meskipun memperoleh harga yang lebih murah.

Bahkan untuk makan saja, biasanya orang frugal akan mengalokasikan berapa besar pengeluaran yang dikeluarkan untuk makan di luar maupun shopping baju, sepatu maupun kebutuhakn primer lainnya.

 

Baca Juga: Tips Bebas Dari Masalah Keuangan

 

2. Menabung Untuk Membeli Barang yang Diinginkan

Frugal living identik dengan penggunaan uang yang sesuai dengan tujuan. 

Misalnya,saat kebutuhan akan handphone baru datang seorang frugal living mengkalkukasikan uang yang harus dikumpulkan untuk membeli handphone yang diinginkan.

Jadi untuk membeli satu handphone seharga Rp 5 juta, maka Anda harus bekerja berapa lama untuk mengumpulkan uang sebesar itu? Jadi Anda akan memilih untuk mengumpulkan uangnya terlebih dahulu untuk mencapai keinginan tersebut.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami