Anak Tidak Mau Nurut? Ini Nih Penyebabnya

Parenting / 17 February 2022

Kalangan Sendiri

Anak Tidak Mau Nurut? Ini Nih Penyebabnya

Contasia Christie Official Writer
1752

Membuat anak mengerti apa yang orang tua inginkan merupakan hal yang susah-susah gampang. Mudah bagi orang tua bangga jika anaknya penurut dan dapat membantu mereka dalam melakukan hal apapun. Tapi bagaimana jika anak sulit menuruti keinginan orang tua dan dan acuh jika diajak bicara?

Banyak orang tua yang akhirnya mengeluhkan kalau anaknya tidak mau melakukan tugasnya, suka menunda pekerjaan, dan pemalas. Padahal bisa saja anak berlaku demikian memang karena mereka tidak mengerti yang orang tua maksudkan dan gaya penyampaian pesan dari orang tua kepada anak tidak sesuai sehingga membuat mereka kurang simpatik.

Mau bagaimanapun anak terbentuk dari pola asuh orang tua yang kepada mereka, termasuk cara berkomunikasi. Sebaiknya sebelum kita menuntut anak untuk mengikuti setiap perkataan orang tua, kita terlebih dahulu introspeksi, apakah cara penyampaian komunikasi kita selama ini sudah sesuai dan efektif?

 

JANGAN lakukan hal ini:

1. Berbicara lantang sampai membentak.

Karena kesal dengan perilaku anak, terkadang orang tua tidak sadar bahwa nada bicara yang mereka pakai mulai meninggi dan cenderung membentak. Padahal anak perlu mendengar suara lembut dan hangat dari kedua orang tuanya. Cobalah sedari dini untuk berlatih menurunkan intonasi bicara Parents kepada anak. Lagipula kalau pakai emosi juga kan, maksud yang Parents sampaikan tidak akan dideskripsikan dengan jelas. Gunakan kasih kepada mereka agar mereka mengerti dan melakukan yang Parents inginkan.

BACA SELANJUTNYA...

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami