Anak Tidak Mau Nurut? Ini Nih Penyebabnya
Sumber: pexels

Parenting / 17 February 2022

Kalangan Sendiri

Anak Tidak Mau Nurut? Ini Nih Penyebabnya

Contasia Christie Official Writer
3316

2. Mengurangi ketergantungan smartphone dan berikan perhatian ketika berbicara dengan anak.

Coba sekarang Parents pikirkan, berapa banyak waktu yang digunakan untuk berbicara dengan penuh perhatian kepada anak dibandingkan asik bermain gadget? Entah untuk membalas chatting pekerjaan pada saat bersama dengan keluarga atau hanya sekedar kepo dan posting di media sosial? Anak-anak bisa merasakan lho Parents kalau mereka tidak diberikan perhatian, oleh karena itu secara tidak sadar mereka akan melakukan hal yang sama kepada orang tuanya jika mereka diajak berbicara.

Alasan terburu-buru atau sedang multitasking juga bisa menjadi penyebab anak tidak mengerti pembicaraan yang Parents lakukan. Anak tidak akan bisa menangkap instruksi dengan jelas dan bisa ikut tidak menghargai komunikasi yang dilakukan.

Jika ingin anak mengerti, memberikan atensi, dan melakukan apa yang Parents sampaikan sebaiknya hargailah komunikasi yang dilakukan dan berbicaralah dengan jelas kepada anak.

 

3. Stop menakuti anak dengan mengancamnya.

Banyak orang tua yang menggunakan cara menakut-nakuti anak agar patuh. Anak haruslah diajak berbicara dengan baik dan diberikan alasan yang logis. Kalau anak ditakuti kedepannya mereka akan takut melakukan hal-hal baru. Jangan pula membuat Anda atau orang lain menjadi sosok yang harus ditakuti dan dibenci. Nasihatilah mereka dengan baik.

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami