Fakta Alkitab : Spesial Valentine! 5 Pasangan Ini Populer Banget di Alkitab

Fakta Alkitab / 11 February 2022

Fakta Alkitab : Spesial Valentine! 5 Pasangan Ini Populer Banget di Alkitab

Claudia Jessica Official Writer
1165

Beberapa bagian Alkitab Perjanjian Lama pernah menulis beberapa pria yang memiliki lebih dari satu pasangan. Namun salah seorang pria berikut ini memilih bertahan hanya dengan satu wanita saja dalam hidupnya.

Lalu seperti apa hubungan yang dikehendaki Allah? Apa kunci hubungan atau pernikahan yang diberkati Tuhan?

Fakta Alkitab akan memberitahu pasangan-pasangan ideal dalam Alkitab, yang kisah mereka menarik untuk diteladani.

 

KOMITMEN - Ishak dan Ribka

Ishak adalah anak Abraham dari istrinya Sara. Melalui keturunan Ishak maka lahirlah bangsa Israel. Kisah percintaan Ishak dan Ribka ditulis dalam Kejadian 24. Ketika itu Abraham memiliki hamba yang ditugaskan untuk mencarikan istri bagi Ishak. Hamba Abraham kemudian memilih Ribka untuk dijadikan istri bagi Ishak setelah ia terlebih dahulu bertanya kepada Allah melalui doanya (Kej. 24:12-14). Ishak kemudian menjadikan Ribka satu-satunya istri dalam hidupnya.

Melalui hubungan Ishak dan Ribka maka dapat dilihat bahwa meskipun keduanya sama sekali belum pernah bertemu sebelumnya, namun mereka dapat saling mencintai di sepanjang hidup mereka. Pada zaman itu cukup umum ditemui bahwa laki-laki memiliki lebih dari satu orang istri, namun Ishak memilih untuk menghabiskan hidupnya hanya dengan Ribka.

Hubungan mereka menunjukkan bahwa saat kita memutuskan untuk mencintai seseorang dan mengikatnya dengan janji suci, maka percayalah bahwa Allah akan menyertai dan memampukan kita untuk terus mencintai satu sama lain hingga maut memisahkan.

 

TIDAK MELIHAT MASA LALU - Boas dan Rut

Rut adalah menantu Naomi yang telah menjadi janda. Ia merupakan wanita asing yang ikut Naomi untuk tinggal di Israel. Rut begitu mengasihi Naomi, dan menuruti nasihat mertuanya untuk mendekati seorang pria bernama Boas. Di penghujung Kitab Rut menunjukan bahwa kisah Rut dan Boas berakhir bahagia dengan menjadi sepasang suami istri.

Meski berasal dari bangsa kafir, namun Rut memilih untuk mempercayai Allah yang benar, yakni Allah Israel yang dipercayai oleh Naomi, mertuanya (Rut 1:16). Meskipun Rut bukan orang Yahudi, namun Tuhan menunjukkan kasih setia-Nya kepada Rut.

Demikian halnya dengan cara pandang Boas akan Rut. Boas menerima Rut apa adanya. Boas tidak menghakimi masa lalunya. Inilah jenis cinta yang tulus dan murni itu. Saat seseorang menjalin suatu hubungan, penting bagi seseorang untuk memahami dan menghormati pasangannya.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami