Teruntuk yang Lagi Proses Healing, Tak Ada Salahnya Ambil Waktu Buat Lakukan Self-Care Ini

Health / 9 February 2022

Teruntuk yang Lagi Proses Healing, Tak Ada Salahnya Ambil Waktu Buat Lakukan Self-Care Ini

Lori Official Writer
684

Jika Anda saat ini sedang merasa hancur, tertekan dan mulai kehilangan diri Anda yang sejati? Mungkin ini adalah tanda-tanda Anda sedang berada di tahap DEPRESI dan STRESS.

Untuk kembali menganggap diri Anda berharga, layak dan punya tujuan, Anda perlu berjuang keluar dari kondisi tersebut. Ini saatnya Anda kembali mempedulikan kesehatan fisik dan mental Anda. 

Salah satu caranya adalah dengan self-care atau perawatan diri yang bisa membantu proses healing Anda terjadi lebih mudah.

Self-care tentu saja bukan tentang bagaimana Anda menyenangkan diri sendiri secara sembarangan. Seperti membeli berbox-box pizza untuk dinikmati sendiri sepanjang malam dengan menonton. Atau menghabiskan tabungan untuk pergi jalan-jalan. Tidak! Itu sama sekali bukan arti self-care yang benar.

 

Baca Juga: Mental Health Day: Ini Manfaat Self Love Untuk Pulihkan Gangguan Mental

 

Pengertian Self-Care

Self-care merupakan langkah bagi seseorang untuk membuat pikirannnya lebih baik, tubuhnya lebih sehat dan suasana hatinya lebih bahagia.

Self-care ini bisa meliputi perawatan terhadap tubuh, perawatan terhadap pikiran dan emosi serta perawatan hubungan dengan orang lain.

1. Perawatan Tubuh

Di tengah proses healing dari beragam kondisi yang menekan, Anda perlu kembali memperhatikan penampilan fisik Anda. Merawat tubuh itu penting!

Hal ini bisa mencakup pola makan yang sehat, berolahraga dan tidur secukupnya.

Ketiga aspek inilah yang menjadi inti dari perawatan tubuh. Seperti contoh, untuk tubuh menjadi lebih sehat cobalah mengkonsumsi makanan yang memiliki kombinasi nutrisi yang lengkap. Seperti ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian serta lemak sehat. 

Mengkonsumsi makanan sehat akan sangat berdampak pada kesehatan mental dan juga fisik Anda.

Self-care terhadap tubuh akan semakin lengkap jika dibarengi dengan olahraga teratur serta tidur yang berkualitas setiap hari.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami