Teruntuk yang Lagi Proses Healing, Tak Ada Salahnya Ambil Waktu Buat Lakukan Self-Care Ini
Sumber: Freepik.com

Health / 9 February 2022

Kalangan Sendiri

Teruntuk yang Lagi Proses Healing, Tak Ada Salahnya Ambil Waktu Buat Lakukan Self-Care Ini

Lori Official Writer
2967

2. Perawatan Pikiran dan Emosi

Anda bisa melakukan Self-care untuk healing dari beban pikiran dan trauma-trauma yang menghantui baik dengan memfokuskan diri dengan hal-hal yang positif. Tetapi Anda perlu tahu jika proses healing terhadap pikiran dan emosi akan jauh lebih cepat terjadi ketika mendekatkan diri kepada yang empunya kehidupan. 

Ya, sebagai orang percaya, Tuhan memberi kita buku kehidupan dimana terdapat banyak daftar ayat yang bisa memberi kita sumber inspirasi untuk bangkit dari beragam tekanan.

Atau Anda juga bisa menggabungkan cara spiritual dengan manajemen pikiran dan emosi. Carilah tempat terbaik yang bisa Anda dapatkan di sekitar tempat tinggal Anda dan ikuti praktik manajemen yang mereka sediakan.

Lalu cobalah mulai memperkatakan firman Tuhan terjadi atas pikiran dan emosi Anda. Seperti contoh jika Anda diserang oleh pikiran bahwa hidup Anda tidak berguna, cobalah untuk memperkatakan janji Tuhan dalam Yesaya 43: 4 atas diri Anda.  Katakan dengan bersuara, “Aku berharga di mata Tuhan. Aku mulai. Tuhan mengasihiku.”

 

Baca Juga: Daripada ‘Self Healing’ Pakai Hancurin Barang Mending Lakukan 3 Cara Ini Deh!

 

3. Perawatan Hubungan

Apakah Anda kehilangan jati diri karena baru diputuskan? Atau salah satu orang terkasih Anda pergi selamanya? Sehingga meninggalkan kesedihan yang mendalam atas hidup Anda? 

Jika Anda ingin kembali sembuh, ingatlah bahwa Tuhan punya rencana besar atas kehilangan yang Anda alami. Dan Tuhan mau Anda terus maju selagi masih Anda waktu. Bahkan orang-orang yang Anda sayangi juga akan bahagia ketika kelihat Anda berhasil mencapai tujuan Anda.

Karena itu lakukanlah self-care yang ketiga ini yaitu dengan berbaur dengan orang-orang di luar sana, ikut komunitas sosial dan menjalin semakin banyak hubungan dengan orang-orang baru.

Kadang kita akan belajar nilai-nilai kehidupan baru ketika kita bertemu dengan orang-orang yang berbeda latar belakang dari kita. Atau bahkan membuka paradigma baru kita tentang masalah yang kita hadapi.

Dengan terlibat dan membaur dengan komunitas, Anda bisa mengalihkan fokus dari diri Anda sendiri kepada kebutuhkan orang lain.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk sembuh dari stress, depresi, kehilangan harapan, kehilangan tujuan dan larut dalam duka. Mungkin tidak mudah untuk bangkit, tetapi Anda perlu mempercayai diri Anda bahwa setiap keadaan yang diizinkan terjadi hanyalah sementara. Semua akan berlalu dan Anda hanya perlu mengambil keputusan, ingin keluar dari keadaan itu atau ingin tetap tinggal dan merusak hidup Anda sendiri.

Semoga setiap pembaca yang sedang berjuang untuk healing di masa-masa ini bisa kembali menjadi diri Anda sebagaimana Tuhan sudah rancangkan.

 

Apakah Anda butuh didoakan? Hubungi SAHABAT 24 kami melalui kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini https://bit.ly/ButuhDidoakan

 

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami