3 Makna Kata AMIN yang Tak Semua Orang Kristen Tahu

Kata Alkitab / 7 February 2022

Kalangan Sendiri

3 Makna Kata AMIN yang Tak Semua Orang Kristen Tahu

Lori Official Writer
15161

Kapan terahir kata kita mengucapkan kata AMIN dalam doa-doa kita? Sebelum mengucapkan AMIN, kita biasanya menyebutkan nama Yesus Tuhan dan Juru Selamat kita. Ya, seringnya doa-doa itu akan diakhiri dengan sebuah kata ‘amin’ yang menjadi kata penutup paling akhir.

Sebelumnya kita mungkin berpikir bahwa AMIN hanyalah sekadar kata penutup dari sebuah doa. Sayangnya, kita harus menaydari bahwa makna Amin sebenarnya jauh daripada sekadar tanda baca, tanda seru atau sebuah tanda pagar yang diucapkan dalam setiap doa. Untuk itu, mari membahas satu per satu kebenaran yang terselip di balik kata ‘amin’ ini.

1. Amin adalah penggenapan janji Tuhan

Jauh dari sepengatahuan kita, kata Amin ternyata mengandung kebenaran yang luar biasa. Satu kata pendek ini adalah bentuk deklarasi yang membantu kita untuk melihat bahwa janji-janji Allah telah terjadi dalam hidup kita! Semua janji Tuhan telah digenapi di dalam Kristus secara penuh. Ya, kata Amin menjadi jembatan bagi doa-doa kita sampai kepada Allah melalui Yesus Kristus.

Sebab Kristus adalah "ya" bagi semua janji Allah. Itulah sebabnya oleh Dia kita mengatakan "Amin" untuk memuliakan Allah (2 Korintus 1: 20).

 

Baca Juga: Apa Arti Maranatha Bagi Orang Kristen?

 

2. Amin sebagai bukti iman

Kata Amin berarti ‘yakin dan benar-benar’ (Ibrani: emunah atau iman). Jadi ketika kita mengatakan ‘amin’, kita menyatakan iman percaya kita dalam kasih Bapa Surgawi untuk mewujudkan doa dan permohonan kita. Melalui satu kata ini kita akan berkata, “Bapa, jadikanlah hal ini dalam hidupku!”

Dalam kata yang sederhana ini, kita mendeklarasikan iman kepada-Nya untuk menyambut janji dan berkat-berkat-Nya tercurah atas hidup kita.

Selain itu, kata amin juga bisa menjadi bentuk deklarasi terhadap ketergantungan kita kepada Tuhan karena kita pada dasarnya tidak layak mendapatkan kasih karunia-Nya. Ketika kita mengatakan AMIN, itu artinya membiarkan berkat Tuhan menjadi dasar penggenapan pekerjaan Yesus.

 

Baca Juga: Kata ‘Shalom’ Bukan Sekadar Sapaan Biasa, Ini Makna yang Sebenarnya

 

3. Amin sebagai bentuk deklarasi untuk kemuliaan Tuhan  

Mengucapkan kata AMIN ternyata menjadi sebuah kesempatan untuk melatih dan mengungkapkan iman kita. Kita mendapat kesempatan untuk mengatakan kepada Bapa Surgawi seperti kalimat berikut, “Sesungguhnya, karena Yesus, biarkan berkat yang saya minta ini, biarkan janji firman yang saya dengar ini, terjadi di dalam ku untuk kemuliaan Mu”.

Ketika kita mendapatkan pewahyuan, setiap kata ‘Amin’ yang kita ucapkan akan sampai kepada Bapa sebagai bentuk pujian, membawa pujian yang tulus akan karya penebusan Yesus di kayu salib.

Banyak ahli menyebutkan bahwa terdapat sekitar 7000 janji Allah yang ditulsikan dalam Alkitab dan semua itu bisa kita miliki setiap harinya dengan satu kata luar biasa ini. Yesus telah memberikan kita seluruh berkat-Nya melalui nyawa-Nya. Dia berkata, “Ya!” mengenai setiap berkat, itu adalah hak istimewa kita untuk mengatakan ‘Amin’ untuk mendapatkannya.

 

Apakah Anda saat ini sedang menanti janji Tuhan terjadi dalam hidup Anda? Anda bisa mendapatkan dukungan doa dari SAHABAT 24 kami di tengah kondisi apapun Anda saat ini. Silahkan kontakWhatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini https://bit.ly/InginDidoakan

 

Sumber : Josephprince.com
Halaman :
1

Ikuti Kami