3 Hal yang Wajib Diajarkan Orang Tua Agar Anak Bijak Memakai Media Sosial

Parenting / 2 February 2022

Kalangan Sendiri

3 Hal yang Wajib Diajarkan Orang Tua Agar Anak Bijak Memakai Media Sosial

Contasia Christie Official Writer
1557

Menjadi orang tua sekarang memang tidak boleh ketinggalan zaman. Kita harus mampu menandingi kemampuan digital anak agar bisa mengawasi dan mendidiknya dengan baik. Semoat viral kemarin tentang seorang selebgram berusia 17 tahun yang memposting bagaimana ayahnya memarahi dia. Belum diketahui secara pasti pihak mana yang benar, namun hal-hal seperti ini sebenarnya bisa tidak terjadi saat anak bisa memakai media sosial dengan bijak.

Sebagai orang tua, kita pasti menginginkan anak yang mampu berkomunikasi dan menggunakan media sosial dengan bijaksana. Kita perlu membuat parameter seperti apa saja postingan yang patut ia berikan agar mereka bisa menjadi warga digital yang bertanggung jawab. Keinginan anak untuk curhat dan mendapatkan perhatian dari banyak orang, kadang membuat mereka melakukan cara-cara yang merugikan demi mendapatkan sebuah konten.

Oleh karena itu, yuk kita bantu anak-anak kita agar memiliki reputasi digital yang baik. Dengan reputasi yang baik, anak juga akan merasakan manfaatnya di masa depan saat mereka mulai mencari kerja. Karena mau bagaimana pun jejak digital akan sulit dihapus. Untuk itulah mari lakukan tiga hal ini untuk menjaga anak di media sosial mereka:

1. Berada di media sosial itu seperti kita berada di atas panggung dan diberikan mikrofon. Jika kita tidak mau mengatakan suatu hal atau terlihat buruk di depan orang banyak, maka jangan mempostingnya secara online.

Banyak remaja yang tidak sadar memposting hal-hal kurang pantas, kasar, dan buruk lainnya di media sosial. Mereka akhirnya membayar harga pada saat mencari tempat kuliah, melamar pekerjaan, atau bergabung dengan organisasi bergengsi, dan kehilangan peluang penting karena hasil pencarian nama mereka mengungkapkan karakter buruk mereka di media sosial.

 

Semua yang anak bagikan di media sosial, bahkan hal pribadi sekalipun membuat catatan digital terkait dengan nama kita, dan berpotensi menjadi viral. Penting bagi orang tua untuk menanamkan kepada anak pengertian tentang konten seperti apa yang pantas untuk di posting dan cara berpikir matang.

BACA SELANJUTNYA...

Sumber : CBN
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami