Taklukkan Raksasa Dalam Dirimu
Kalangan Sendiri

Taklukkan Raksasa Dalam Dirimu

Lori Official Writer
      1226

1 Samuel 17: 37

TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 33; Kisah Para Rasul 5; Keluaran 15-16

Tuhan mau Anda menjadi orang yang beriman besar, bermimpi besar dan memiliki pekerjaan yang besar. Tetapi pertama-tama, Anda harus menaklukkan raksasa yang menahan Anda dalam hidup.

Bagaimana Anda menaklukkannya? Mulailah dengan melakukan 4 hal yang dilakukan Daud ini jika Anda ingin menjadi orang yang beriman besar, bermimpi besar dan memiliki pekerjaan yang besar.

Pertama, ingat bahwa Tuhan sudah banyak menolong Anda di masa lalu.

Dalam 1 Samuel 17: 37 Daud berkata, “TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.”

Saat Anda mengingat cara-cara Tuhan membantu Anda di masa lalu, berarti Anda yakin dan percaya bahwa Ia juga akan menolong Anda di masa depan.

Kedua, pakailah senjata yang sudah Tuhan berikan kepada Anda.

Tuhan memberikan Daud senjata untuk melawan Goliat. Dia mengambil 5 butir batu kecil dan memasukkannya ke dalam tas gembalanya (1 Samuel 17: 38-40).

Jangan menunggu sesuatu yang tidak Anda miliki, entah itu uang, pendidikan atau koneksi. Gunakanlah alat yang sudah Tuhan berikan kepada Anda untuk menaklukkannya dengan percaya diri.

Ketiga, abaikan musuh-musuh Anda.

Suatu kali, saat Daud berhadapan dengan orang-orang yang menentangnya Daud memilih untuk mendorong dirinya dekat dengan Tuhan. 

“Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya.” (1 Samuel 30: 6)

Menyemangati diri sendiri untuk dekat dengan Tuhan bukan berarti hanya memiliki pikiran yang tetap positif. Tetapi juga memaksa diri untuk tetap memiliki kepercayaan yang mendasar di dalam kasih karunia, penyediaan, keamanan dan kuasa Tuhan.

Keempat, mintalah Tuhan untuk menolong Anda.

Daud berperang di medan perang dan berteriak, “Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu. Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah...” (1 Samuel 17: 45-46)

Ketika saya masih muda, saya membuat banyak keputusan yang mengandalkan Tuhan saat sedang mengejar mimpi-mimpi saya. Di pegunungan California Utara, saya berlutut dan berdoa, “Tuhan, aku bukan orang yang paling pintar, terpelajar atau paling berbakat. Tetapi aku mempercayaiMu. Dan aku akan melakukan apapun,kapanpun dan dimanapun, dengan yakin bahkan jika itu tidak masuk akal menurutku.”

Dan begitulah petualangan hidup saya! Sekarang saya berdiri dan berbicara kepada banyak orang setiap minggu, semuanya karena saya menaruhkan harapan kepada Tuhan supaya Dia memakai saya untuk kemuliaan-Nya.

Tuhan akan memakai siapa saja yang percaya kepada-Nya dan berharap untuk dipakai oleh-Nya, bukan karena siapa Anda tetapi karena siapa Dia.

 

Hak cipta Pastor Rick Warren.

Ikuti Kami