Makanan Khas Imlek Punya Makna Tersendiri atau Hanya Tradisi?
Sumber: canva.com

News / 31 January 2022

Kalangan Sendiri

Makanan Khas Imlek Punya Makna Tersendiri atau Hanya Tradisi?

Claudia Jessica Official Writer
3202

4. Telur rebus teh

Telur rebus teh juga kerap dinamai telur pindang. Telur rebus teh memiliki cita rasa yang unik dibandingkan dengan telur rebus lainnya. Pasalnya, telur ini direbus hingga setengah matang lalu dilepaskan dari cangkangnya dan dilanjut dengan direbus di dalam air yang telah dibumbui dengan kecap, dan daun teh hitam.

Aroma dan tampilannya yang khas membuat telur rebus ini lebih menggoda. Telur teh melambangkan kesuburan dan dipercaya dapat membawa kesejahteraan di tahun baru imlek.

5. Pangsit

Pangsit atau dinamai Jiaozi ini bisa ditemui dalam sajian dimsum. Pangsit melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan lantaran bentuknya mirip dengan uang kuno pada masa Cina Kuno.

Pangsit bundar juga melambangkan berkumpulnya keluarga karena biasanya pada momen Tahun Baru Imlek ini semua keluarga datang untuk bersilaturahmi satu sama lain.

6. Ikan bandeng

Ikan bandeng, salah satu makanan wajib yang harus ada di meja makan saat imlek. Kata ‘ikan’ dalam Bahasa Mandarin ditulis dengan huruf “鱼” (yu) dapat juga diartikan sebagai sumber rezeki.

Di Indonesia sendiri, ikan yang biasanya disajikan saat Tahun Baru Imlek adalah ikan bandeng.

 

BACA JUGA: Sehat Ala Imlek, Yuk Sajiin Pindang Bandeng Aja...

 

7. Babi

Babi memiliki filosofi tersendiri saat perayaan Tahun Baru Imlek. Babi dianggap sebagai penampung rezeki karena perutnya yang memiliki lemak berlapis melambangkan kemakmuran. Sehingga perut babi dianggap sebagai simbol kemakmuran di Tahun Baru Imlek. Artinya dengan makan babi, diyakini membawa keberuntungan dalam hidup Anda.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami