Pilates, Rahasia Orang Korea Bertubuh Ramping dan Sehat

Health / 20 January 2022

Kalangan Sendiri

Pilates, Rahasia Orang Korea Bertubuh Ramping dan Sehat

Claudia Jessica Official Writer
1699

Cantik dan bertubuh ramping. Kira-kira begitulah citra orang Korea di mata orang-orang.

Tahukah Anda, di balik tubuh ramping dan sehat orang Korea, terdapat latihan kebugaran yang mereka lakukan? Hal ini juga dilakukan oleh para selebriti untuk menjaga postur tubuh ideal dan menjaga kesehatan mereka di tengah kesibukannya.

Pilates merupakan serangkaian gerakan yang lambat tapi terfokus dan disertai dengan pernapasan dalam. Pilates yang bertujuan untuk mencapai harmonisasi antara tubuh dan pikiran ini terdiri dari berbagai gerakan yang fokus pada perut, pinggang, panggul, dan paha. Meski tergolong olahraga low-impact dan rendah resiko, pilates membantu melatih ketahanan, kekuatan, dan fleksibilitas otot.

Tidak hanya untuk mencapai berat badan ideal, pilates juga melatih kekuatan sekaligus kelenturan otot inti tubuh. Otot inti tubuh adalah otot yang terlibat pada hampir setiap gerakan tubuh manusia.

Pilates telah digunakan selama bertahun-tahun untuk memperbaiki postur tubuh, berikut ini adalah berbagai manfaat dari pilates:

1. Menguatkan otot inti tubuh

Jika Anda berpikir melatih otot inti tubuh sama dengan dengan membentuk perut six-pack, maka Anda belum tepat. Menguatkan otot tubuh merupakan salah manfaat yang paling dicari dari pilates. Seperti yang telah disebutkan di atas, otot inti tubuh terlibat dalam hampir seluruh tubuh. Otot inti adalah serangkaian otot yang terbentang mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot disekitar panggul.

Otot inti yang lemah dapat mengganggu fungsi gerak dan luas jangkauan gerak lengan dan kaki. Tak hanya itu, otot inti yang lemah juga bisa menguras tenaga dari setiap gerakan yang Anda lakukan. Oleh karena itu, melatih otot inti dengan benar dapat membantu tubuh Anda menjadi lebih stabil dan kokoh.

2. Memperbaiki postur tubuh

Seperti yang dijelaskan di atas, otot yang kuat (termasuk otot perut dan punggung) sangat membantu kita memudahkan melakukan tugas sehari-hari seperti membawa barang berat.

Karena pilates adalah olahraga yang mendukung otot inti tubuh untuk menstabilkan koordinasi tubuh, olahraga ini mampu menjaga postur tubuh kita ketika duduk maupun berdiri. Postur tubuh yang baik tentu akan membuat Anda terlihat lebih tinggi jenjang dan ramping.

Yang terpenting dari semua itu adalah, pilates menstabilkan inti tubuh yang mampu mengurangi tulang belakang cepat aus. Pilates membuat Anda mengambil lebih banyak oksigen saat bernafas sehingga bisa memberikan postur tubuh yang stabil dan baik.

Pilates juga mampu mengasah keterampilan motorik. Ketika keterampilan motorik lebih tajam, hal itu akan membantu Anda menjadi lebih sigap dalam bereaksi dan tetap seimbang pada permukaan yang tidak stabil.

 

BACA JUGA: Terapi Kanker Payudara Dengan Pilates

 

3. Menajamkan fokus

Pilates meski tampak mudah, sebenarnya membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Berpusat pada harmonisasi pengendalian pikiran, tubuh, dan pengaturan napas, pilates membuat Anda menjadi lebih fokus pada setiap gerakan yang Anda lakukan agar tidak jatuh atau mencelakai diri sendiri di tengah-tengah pose.

Peneliti Cina mengungkapkan perubahan yang terjadi dalam aktivitas otak seorang perempuan setelah melakukan 10 minggu pilates. Mereka menemukan adanya peningkatan fungsi kognitif otak yang berhubungan dengan aktivitas saraf jaringan, kinerja memori, dan fungsi kognitif lainnya.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : hellosehat
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami