Ingin Ikatan Pernikahan Kuat? Ayo Belajar Lewat 4 Buku Luar Biasa Ini

Ingin Ikatan Pernikahan Kuat? Ayo Belajar Lewat 4 Buku Luar Biasa Ini

Claudia Jessica Official Writer
651

Memasuki masa awal pernikahan, biasanya kita memiliki harapan untuk hidup bahagia sepanjang sisa hidup kita. Tak jarang juga kita menganggap bahwa bulan madu adalah masa-masa yang bahagia, khususnya bagi pengantin baru. Kita juga mungkin memiliki harapan yang tidak realistis tentang bagaimana cara kita akan menangani konflik bersama pasangan, dan kita tidak akan pernah membiarkan sesuatu yang dapat merusak hubungan kita dengan pasangan.

Ketika bulan madu berakhir, kenyataan dimulai. Seiring berjalannya waktu, kita akan merasakan ketegangan dari cara hidup baru yang mungkin dapat membuat kita merasa putus asa kapan saja karena berjuang untuk mempertahankan pernikahan.

Ini normal. Perjuangan itu biasa. Konflik itu hal yang wajar. Kenyataan hidup tidak bisa dihindari, dan rintangan akan datang seiring berjalannya waktu. Tapi jangan putus asa!

Tuhan tahu kelemahan kita dan Dia tahu pergumulan yang kita alami dengan pasangan serta pergumulan yang kita rasakan sendiri. Ketika segala sesuatu menjadi sulit, ingatlah bahwa Anda tidak sendiri, dan Tuhan bersedia untuk berjalan di sampingmu sekalipun dalam keadaan yang paling sulit.

“Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi.” ­– Yosua 1: 9

Ada begitu banyak alasan mengapa sebuah pernikahan bisa berada dalam masalah atau terasa biasa-biasa saja. Mungkin Anda sedang bergumul tentang suatu hal, dan pasangan Anda mungkin berjuang dengan masalah mereka sendiri. Ada bantuan yang siap menolong pernikahan Anda. Bantuan yang datang dari Tuhan. Dia merancang pernikahan sebagai persatuan yang indah, dan hal itu tidak boleh dianggap enteng. Lebih dari segalanya, Dia ingin memberkati pernikahan Anda dan melihatnya bertumbuh.

Jika Anda menemukan diri Anda berada pada persimpangan jalan dalam pernikahan, dan Anda tidak tahu harus kemana, atau mungkin pernikahan Anda terasa biasa-biasa saja, dan Anda ingin menyalakan ‘api’ itu kembali, ada beberapa buku yang dapat membantu Anda untuk menemukan keindahan tentang pernikahan:

1. The Meaning of Marriage oleh Timothy Keller: Menghadapi kompleksitas komitmen dengan kebijaksanaan Tuhan

Apakah Anda bertunangan, pengantin baru, atau telah menikah selama bertahun-tahun, buku ini sangat tepat untuk Anda. The Meaning of Marriage menjelaskan tentang dasar pernikahan, alasan mengapa Tuhan menciptakan pernikahan dan bagaimana kita seharusnya melihat arti sebuah pernikahan.

Budaya pernikahan saat ini dikatakan seperti:

- Setiap orang memiliki jodoh

- Asrama dan ketertarikan fisik adalah dasar pernikahan

- Pasangan harus memenuhi kebutuhan Anda

- Jika tidak berjalan sesuai dengan tiga kriteria di atas, maka Anda boleh meninggalkan pasangan

Semua itu adalah kebohongan buruk yang Iblis ingin untuk kita percayai tentang bagaimana pernikahan itu.

Satu hal yang saya tekankan dari buku adalah bahwa membuat kita bahagia bukanlah tugas pasangan. Pernikahan tidak diciptakan untuk memenuhi kebutuhan yang hanya dapat dipenuhi oleh Tuhan. Timothy Keller mengatakan, “Pernikahan telah ditetapkan oleh Allah dan pernikahan dirancang untuk menjadi cerminan kasih Allah yang menyelamatkan bagi kita di dalam Yesus Kristus. Itulah sebabnya Injil membantu kita memahami pernikahan dan pernikahan membantu kita memahami Injil.”

Tujuan pernikahan adalah untuk membantu pasangan kita mencapai potensi penuh mereka dalam Kristus.

 

BACA JUGA: Merasa Putus Asa dan Ingin Segera Akhiri Pernikahan? Renungkan Sejenak 4 Ayat Alkitab Ini

 

2. 30 Ways to Your Best Marriage oleh B&H Books

Ini adalah buku yang dibagi menjadi 30 bagian atau bab. Masing-masing mengajarkan tentang aspek penting dari pernikahan. Ini adalah bacaan yang mudah dan dirancang satu bab untuk dibaca setiap hari. Bisa dibaca sendiri atau bersama pasangan. Saya merekomendasikan membaca satu bab sebelum tidur setiap malam.

Anda bisa melakukannya dengan pasangan Anda saat menjelang doa harian bersama. Hal ini akan menempatkan Tuhan di pusat pernikahan Anda. Latihan ini akan memberi hubungan Anda perhatian terbaik, memungkinkannya untuk berkembang. Bab pertama dimulai dari fondasi, mengutamakan Tuhan. Letakkan buku ini di nakas Anda untuk mengingatkan Anda untuk membacanya setiap malam.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami