4 Cara Efektif Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak dan Melakukan Kekerasan Fisik
Sumber: CBN

Parenting / 10 January 2022

Kalangan Sendiri

4 Cara Efektif Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak dan Melakukan Kekerasan Fisik

Contasia Christie Official Writer
2322

1.       RENDAHKAN SUARA ATAU BISIKKAN KATA- KATA NASIHAT SUPAYA SI KECIL TIDAK MERASA KHAWATIR ATAUPUN MALU

 

Metode lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan metode membisikkan kata- kata nasehat. Walaupun kata-kata yang digunakannya adalah sama tetapi kadang anak merasa takut saat dibentak orang tuanya. Untuk menghindarinya, Anda dapat menasihati anak dengan metode berbisik.

Metode ini juga bisa menghindarkan anak dari rasa malu sebab mungkin saja saat Anda membentaknya dia merasa malu dengan teman-temannya. Tetapi dengan metode semacam ini ia tidak takut teman- temannya mengenali kalau dia sedang dimarahi oleh Anda.

 

2.       AGAR ANAK PAHAM, NASEHATI DENGAN BAHASA YANG MUDAH DIPAHAMINYA

Barangkali saja anak tidak menurut terhadap nasehat- nasehat Anda karena dia sebenarnya tidak paham maksud perkataan Anda. Bisa jadi bahasa yang Anda pakai belum bisa dipahami oleh anak sehingga dia tidak tahu apa maksud dari nasehat Anda. Untuk itulah, pakai bahasa- bahasa yang simpel serta gampang dimengerti oleh anak- anak. Dengan metode ini mereka akan lebih mudah untuk memahami maksud dari nasihat Anda.

Untuk mengeetahui bahasa- bahasa seperti apa yang sebaiknya Anda pakai saat berdialog dengan anak, Anda dapat membaca berbagai buku cerita anak maupun dongeng- dongeng anak. Dengan demikian Anda akan paham bagaimana seharusnya berdialog pada anak.

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami