Minuman Penghilang Ngantuk Selain Kopi, Mau Coba yang Mana?

Health / 9 January 2022

Kalangan Sendiri

Minuman Penghilang Ngantuk Selain Kopi, Mau Coba yang Mana?

Claudia Jessica Official Writer
1298

Apakah Anda adalah salah satu orang yang mencari kopi ketika merasa ngantuk? Terutama ketika waktunya bekerja. Banyak dari teman-teman saya sering kali minum kopi untuk mengusir ngantuk di kala jam kerja, dan saya pun terkadang mengikutinya.

Namun, tahukah Anda bahwa batasan seseorang mengkonsumsi kopi adalah 400 miligram per hari. Hal ini dianjurkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration).

Secangkir kopi diperkirakan mengandung sekitar 80-100 miligram kafein.

Studi lainnya melaporkan bahwa minum kopi lebih dari empat cangkir sehari berpotensi menimbulkan efek samping seperti sakit kepala, insomnia, detak jantung lebih cepat, hingga tremor otot.

Teruntuk Anda yang sering kali minum kopi untuk menghilangkan ngantuk, Anda bisa coba beberapa pilihan minuman lain yang mampu mengusir ngantuk berikut ini:

1. Minuman coklat atau susu coklat

Secangkir cokelat mengandung kurang lebih 5 sampai 10 miligram kafein. Jumlah ini memang lebih sedikit daripada kandungan kafein dalam kopi. Namun, kafein yang terkandung dalam minuman coklat mampu membuat Anda lebih terjaga dan segar kembali.

2. Teh hijau

Minuman yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat mengandung 30 hingga 50 miligram kafein dalam satu cangkirnya. Selain bisa membuat Anda tetap terjaga, teh hijau juga mampu meningkatkan mood.

Tak hanya itu, beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi teh hijau memiliki kemungkinan lebih kecil terkena kanker kandung kemih, payudara, paru-paru, lambung, pancreas, dan kolrektal.

3. Smoothie sayuran

Selain mampu mengusir ngantuk, smoothie sayuran bisa dijadikan sebagai pilihan yang baik karena mengandung serat yang tinggi dan rendah gula sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Sayuran hijau seperti bayam atau kale mengandung nutrisi yang mampu untuk membantu meningkatkan energi. Keduanya adalah sumber zat gizi baik yang bisa membantu meningkatkan pengiriman oksigen ke sel-sel tubuh untuk melawan kelelahan secara langsung.

Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan bayam dan buah-buahan kesukaan Anda atau sayuran lain untuk smoothie yang tinggi serat, lemak sehat, vitamin A, dan zat besi, dengan kalori yang tidak lebih dari 250 kalori.

 

BACA JUGA: Kenapa Kita Sering Mengantuk Setelah Makan? Berikut kata dokter!

 

4. Teh mint

Menurut One Green Planet, aroma pada teh mint dapat menyegarkan dan bekerja untuk mengaktifkan otak kita dengan baik.

Selain itu, teh mint juga mampu membantu kita untuk mencegah kelelahan, kehilangan ingatan, dan sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Itulah mengapa teh mint bisa menjadi pilihan minuman penghilang ngantuk.

Kelebihan dari teh mint, kita juga bisa menanam banyak mint sendiri di rumah. Mint segar dalam minuman memiliki manfaat kesehatan menjadi lebih optimal juga menyegarkan nafas.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami