Ternyata Ini 8 Hal Penting Tentang Keterampilan Digital yang Harus Dikuasai Anak!

Ternyata Ini 8 Hal Penting Tentang Keterampilan Digital yang Harus Dikuasai Anak!

Contasia Christie Official Writer
488

Banyak orang tua maupun pendidik yang berpikir kalau keahlian atau Digital Intelligent Quotient( DQ) bisa anak- anak kuasai sendiri. Tetapi karena adanya kesenjangan antara generasi pendidik dan orang tua dengan anak- anak dari generasi Z ini, membuat mereka bimbang bagaimana triknya memfasilitasi serta memenuhi keterampilan digital anak secara memadai.

 

Anak– anak yang terlalu sering memakai teknologi dan media digital akan mudah terpapar resiko cyber, semacam kecanduan teknologi, penindasan( cyberbullying melalui komentar- komentar di media sosial), serta pencitraan. Mereka juga bisa percaya pada konten provokatif sehingga pengaruhi interaksi di dunia sosial sesungguhnya.

 

Jadi keahlian apa saja yang wajib kita ajarkan pada anak kita sebagai bagian dari dunia digital ini? Kami membaginya jadi 8 keterampilan digital:

1.       Identitas Warga Negara Digital:

Jelaskan kepada anak semua pengetahuan tentang internet. Mulai dari kenapa kita bisa menelepon tanpa adanya kabel sampai bagaimana internet itu bisa membuat yang jauh menjadi dekat. Jika Anda menemukan kesulitan dalam menjelaskannya, Anda bisa mencari tahu video kartun di Youtube yang dapat membantu Anak lebih mengerti, misalnya 

2.       Pengelolaan Waktu Penggunaan Layar:

Multitasking bukan berarti anak dapat mengerjakan tugas rumahnya sambil menonton film di youtube, bermain game online, atau membalas chat di media sosial. Pengelolaan yang dimaksud adalah Anda sebagai pendidik mampu mengarahkan anak mempergunakan waktunya secara efektif. Jika dia memiliki PR, matikan semua perangkat digital yang mengganggu. Biarkan ia mengerjakannya sampai selesai, baru setelah itu dia boleh kembali mengakses perangkat digitalnya.

 

Lihat selanjutnya...

Sumber : www.weforum.org, channel DQ Institute
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami