Ternyata Ini 8 Hal Penting Tentang Keterampilan Digital yang Harus Dikuasai Anak!
Sumber: CBN

Parenting / 7 January 2022

Kalangan Sendiri

Ternyata Ini 8 Hal Penting Tentang Keterampilan Digital yang Harus Dikuasai Anak!

Contasia Christie Official Writer
3285

1.       Pengelolaan Bullying di Dunia Maya:

Komentar atau status negatif pada hasil post kita merupakan hal yang lumrah dalam dunia maya. Namun bagaimana dengan anak yang masih berkembang dan belajar tentang dunia digital? Terbukalah dan dekat dengan mereka, sehingga anak tidak segan untuk menceritakan permasalahannya kepada Anda. Bimbing secara psikologis dan dorong mereka untuk tidak terhanyut pada kata bullying tersebut.

 

2.       Pengelolaan Keamanan di Dunia Maya:

Anda pernah mendapatkan pesan di media sosial yang berbunyi “ketik amin dan bagikan ke-10 teman kamu” atau “bagikan ini untuk memenangkan liburan ke Jepang”, dan masih banyak lagi. Terkadang anak tidak tahu mana yang benar, mana yang sebenarnya penipuan. Apalagi jika website tersebut meminta informasi tentang keuangan atau privasi kita, misalnya nomor kartu kredit, itu bisa sangat berbahaya. Tipsnya adalah jauhi konten pop-up di website, bijaklah dalam memberikan informasi pribadi, cari tahu apakah penawaran tersebut benar atau penipuan (karena beberapa website sering mencuri informasi kita untuk kepentingan pribadi mereka), dan jangan berikan password kepada siapapun. Jika anak bingung tentang email, penawaran, dan website, dampingi anak kemudian cari tahu apakah yang ia akses benar atau penipuan.

 

3.       Pengelolaan Privasi (Pribadi):

Ajarkan anak untuk tidak membagikan informasi personal di dunia maya, terutama lokasi karena seringkali dipakai oleh penculik untuk mendeteksi keberadaan anak Anda. Himbau mereka untuk memakai media sosial seperti status secara bijak.

 

4.       Berpikir Kritis:

 

Hampir sama dengan mengelola keamanan, anak perlu diajarkan untuk mencari tahu informasi yang mereka dapatkan melalui dunia maya. Ajarkan untuk mengecek dua kali sumber informasinya ke website-website terpercaya, seperti milik negara, institusi pendidikan, dan media masa yang terpercaya. Salah satu cara mengecek adalah dengan mengetikkan kata kunci pada mesin pencarian (Google) kemudian tambahkan kata “hoax” dibelakangnya.

Sumber : www.weforum.org, channel DQ Institute
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami