Hindari 4 Bisnis Ini Jika Mau Sukses di Tahun 2022

Hindari 4 Bisnis Ini Jika Mau Sukses di Tahun 2022

Lori Official Writer
472

Dua tahun sebelumnya, peluang bisnis online terbilang laris manis. Tak heran jika banyak pelaku bisnis mulai mengambil kesempatan untuk mengalihkan bisnisnya ke online.

Tapi apakah kondisi tersebut masih tetap berlaku di tahun 2022 ini? 

Pakar Bisnis sekaligus Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Profesor Renald Kasali menyampaikan bisnis akan mengalami seleksi alam. Jadi ada beberapa bisnis startup yang lagi tren di dua tahun sebelumnya akan mengalami kelesuan di tahun 2022. 

Renald mengingatkan supaya pelaku bisnis baru di tahun 2022 ini perlu menghindari 4 jenis bisnis ini:

1. Bisnis Startup

Pesatnya pertumbuhan bisnis startup selama beberapa tahun belakangan ini, menurut Renald akan menyebabkan fenomena gunung es, dimana sebagian diantaranya akan mengalami seleksi alam.

“Jadi banyak sekali anak-anak muda yang berhenti bekerja selama pandemi akan kemudian memilih bikin startup. Apapun distartupkan walaupun tidak cocok, yang kurang pas distartupin semua. Jadi seleksi alam itu akan terjadi pada bisnis-bisnis yang overcrowd,” ungkap Renald.

 

Baca Juga:

9 Peluang Bisnis Online dengan Modal Kecil

7 Peluang Bisnis Sukses Tanpa Butuh Gelar Sarjana

 

2. Bisnis Logistik

Senasib dengan startup, bisnis logistik juga akan mengalami kelesuan. Salah satu faktornya adalah banyaknya pemain di bidang ini akan membuat sebagian pelaku usahanya tumbang.

3. Bisnis Fintech

“Alat pembayaran juga sudah banyak sekali, pasti ada seleksi alam,” terangnya.

Renald menyampaikan bahwa peluang bisnis ini akan digantikan dengan bisnis-bisnis yang baru. Sehingga sangat dianjurkan untuk memikirkan ulang jika berniat untuk membuat bisnis baru terkait fintech.

4. Bisnis Pendidikan atau Kursus

Bisnis selanjutnya yang akan mengalami kelesuan di tahun 2022 ini adalah bisnis yang terkait dengan kursus dan pendidikan. 

“Saya perhatikan banyak kursus online yang ditawarkan, ada 100 lebih lembaga kursus yang ditawarkan di beberapa aplikasi. Ekosistem itu akan terjadi seleksi alam, karena anak-anak akan kembali ke sekolah dan orang tua tidak mau bayar lagi kursus sampai Rp 1 juta. Demikian juga negara pasti akan mengurangi kartu pra kerja. Ada banyak kursus-kursus yang kurang berguna yang akan mengalami seleksi alam. Jadi akan terjadi peralihan besar-besaran,” terangnya.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Detik Finance
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami