Bukan Melupakan, yang Harus Kita Lakukan Setelah Mengampuni Adalah Berserah

Bukan Melupakan, yang Harus Kita Lakukan Setelah Mengampuni Adalah Berserah

Claudia Jessica Official Writer
      742

Roma 8: 28

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 61; Markus 5; Bilangan 5-6

Kamu mungkin pernah mendengar frasa “Maafkan dan lupakan.” Ada satu masalah mengenai frasa ini. Kita tidak bisa melakukannya, dan itu tidak mungkin.

Kita tidak bisa melupakan luka dalam hidup kita. Kenyataannya, kita tidak akan pernah bisa melupakannya karena ketika kita mencoba untuk melupakan sesuatu, kita justru terfokus pada hal yang ingin kita lupakan.

Kebenarannya adalah, Tuhan tidak ingin kita melupakan luka yang kita rasakan. Sebaliknya, dia ingin kita mempercayai Dia dan melihat bagaimana Dia akan mendatangkan kebaikan dari rasa sakit itu. Itu lebih penting daripada melupakan.

Ketika kita melihat Tuhan mendatangkan kebaikan dari situasi yang buruk, kita akan berterimakasih atas hal tersebut. Namun, kita tidak bisa berterimakasih pada-Nya atas hal-hal yang telah kita lupakan.

Roma 8: 28 berkata, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Ia tidak mengatakan segala hal itu baik, karena ada juga hal yang tidak baik. Penyakit itu tidak baik. Hubungan yang rusak itu tidak baik. Perang tidak baik. Pelecehan itu tidak baik.

Ada banyak hal jahat dalam hidup. Tidak semua yang terjadi di dunia ini adalah kehendak Tuhan.

Tapi, Tuhan berkata bahwa Dia akan melakukan kebaikan dari hal-hal buruk yang terjadi dalam hidup kita jika kita percaya kepada-Nya. Kita bisa mendatangi-Nya dan berkata, “Tuhan, saya memberikan semua bagian hidup saya.”

Dia akan mengambil bagianmu dan memberi kedamaian di hatimu. Kedamaian ini akan datang ketika kamu menyadari bahwa kamu bisa mengampuni, sekalipun jika kamu tidak memiliki luka dalam hidupmu karena kamu tahu Tuhan akan menggunakan rasa sakit itu untuk kebaikan.

Kamu tidak harus melupakan kesalahan orang lain. Kamu tidak dapat melakukannya sekalipun mencobanya. Tapi Tuhan berkata kamu tidak harus melupakannya. Kamu hanya perlu mengampuni dan melihat bagaimana Tuhan akan mendatangkan kebaikan dari luka yang kamu rasakan.

 

Disadurkan dari crosswalk. Hak cipta oleh Pastor Rick Warren.


Kamu diberkati dengan renungan harian kami? Jika kamu rindu supaya orang lain juga diberkati sepertimu, mari dukung kami untuk terus menjangkau melalui konten-konten yang kami sediakan lewat pelayanan media kami.

Kamu bisa menjadi mitra Jawaban.com dengan berdonasi 50 ribu setiap bulannya bersama kami. Kabar baiknya, bagi kamu yang berdonasi sebesar 250 ribu setiap bulannya akan mendapatkan bonus satu buah kaos Polo. Jadi, buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk DAFTAR DI SINI.

Ikuti Kami