Sebentar Lagi Tutup Tahun, Refleksi Diri Lewat 5 Pertanyaan Ini Yuk

Relationship / 30 December 2021

Kalangan Sendiri

Sebentar Lagi Tutup Tahun, Refleksi Diri Lewat 5 Pertanyaan Ini Yuk

Claudia Jessica Official Writer
584

Kita berada di penghujung tahun lagi, dan saya pikir ini akan menjadi waktu yang tepat untuk mengajukan lima pertanyaan penting untuk Anda. Kita menjadi lebih bijaksana ketika kita bertanya pada diri sendiri dengan mengajukan pertanyaan yang tepat dan menemukan jawaban yang memfokuskan kita ke arah yang benar.

Pertanyaan yang tepat dapat memberi kita kesempatan untuk tumbuh dan mempertimbangkan kemungkinan yang lebih baik untuk hidup. Selama minggu depan, renungkan lima pertanyaan penting ini saat Anda menutup tahun 2021.

1. Apa pelajaran terbesar yang Tuhan berikan kepada saya selama setahun terakhir?

Ketika kita meluangkan waktu untuk mempelajari pelajaran yang diajarkan oleh pencobaan dan memperoleh kemenangan kita, Tuhan mampu membentuk karakter kita dan menggunakan kita dengan tujuan yang lebih besar. Ketika Anda mengabaikan pelajaran hidup, Anda sering mendapati diri Anda mengulangi kesalahan yang sama dan menghadapi tantangan yang sama berulang kali.

2. Apa “tugas ilahi” saya pada tahap kehidupan ini?

Tujuan kita dapat berubah sepanjang hidup. Agar tetap selaras dengan waktu dan tujuan Tuhan, kita harus mencari “tugas-Nya” di berbagai musim kehidupan kita.

 

BACA JUGA: Sambut Tahun Baru, Ambil Waktu Tuk Ucapkan Syukur Atas Berkat Tuhan dengan 10 Ayat Alkitab Ini

 

3. Di tahun depan, apa perbedaan yang ingin saya lihat dalam kehidupan saya? Dengan kata lain, apa visi saya?

Anda membutuhkan visi kemana Anda akan pergi di tahun mendatang. Tidak peduli seberapa kecil Anda menganggap hidup Anda, Tuhan ingin Anda berhati-hati dalam menetapkan tujuan dan bergerak maju. Firman Tuhan memberitahu kita untuk “menuliskan visi dan membuatnya jelas” (Habakuk 3:2). Itu berarti kita harus menuliskan dan membuatnya jelas secara spesifik. Jangan membanjiri diri Anda dengan banyak “resolusi Tahun Baru”.

Anda bisa memilah sesuatu yang bermakna, bahkan jika itu adalah perubahan yang tampaknya kecil, ambil langkah untuk maju.

4. Apa yang telah saya tunda-tunda?

Menunda tujuan dan hal-hal yang telah Tuhan taruh di hati Anda untuk dilakukan akan menimbulkan stres. Ketakutan sering menjadi penyebab utama hal ini.

Tahun Baru adalah waktu yang tepat untuk bertanya pada diri sendiri apakah sudah waktunya untuk melepaskan diri dan mengejar tujuan tertentu atau menjauhkannya sama sekali, sehingga membebaskan diri Anda dari beban tugas yang belum selesai yang menggantung di atas kepala Anda.

5. Bagaimana saya dapat membuat lebih banyak perbedaan positif dalam kehidupan orang lain dalam 12 bulan ke depan?

Hidup kita sebenarnya bukan tentang kita. Melainkan tentang tujuan kita diciptakan. Apa yang ingin Anda lakukan saat ini tahun depan untuk berdampak pada orang lain dengan cara yang berarti dan positif?

 

Saya akan memberikan Anda tantangan mengenai hal ini.

1. Jadilah reflektif minggu ini dan perhatikan apa yang telah Anda pelajari dan apa yang telah Anda capai tahun ini. Rayakan kemajuan Anda.

Tugas:

Jawab masing-masing dari lima pertanyaan yang diajukan minggu ini. Apakah ada perubahan kecil atau perubahan penting yang perlu Anda lakukan sebagai hasil dari pelajaran dan peristiwa dalam hidup Anda tahun ini?

Sumber : CBN
Halaman :
1

Ikuti Kami