Penderita Diabetes Wajib Jauhi 7 Jenis Makanan Ini!

Health / 30 December 2021

Kalangan Sendiri

Penderita Diabetes Wajib Jauhi 7 Jenis Makanan Ini!

Claudia Jessica Official Writer
1375

Tidak seperti orang sehat pada umumnya, penderita diabetes perlu mengatur pola makan untuk mempertahankan hidup sehat. Penderita diabetes harus lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan dan minuman agar kadar gula darah dalam tubuhnya tetap terkontrol.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) tinggi di atas normal. Jika diabetes tidak terkontrol, maka penderitanya memiliki berbagai risiko penyakit lain yang berbahaya seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, hingga kebutaan, dan komplikasi lainnya.

Tak hanya para penderita diabetes, prediabetes juga berkaitan dengan kondisi ini. Oleh karena itu, untuk mencegah bertambah buruknya keadaan, kita harus menjaga pola hidup yang sehat. Penderita diabetes maupun prediabetes dapat mencegah risiko buruk komplikasi penyakit tersebut dengan menerapkan pola hidup sehat.

Jika di artikel sebelumnya telah membahas makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, maka kali ini kita akan membahas pantangan makanan untuk penderita diabetes, diantaranya adalah:

1. Minuman yang dimaniskan dengan gula

Minuman manis adalah pilihan buruk bagi para penderita diabetes. Selain mengandung karbohidrat yang sangat tinggi, minuman ini juga sarat dengan fruktosa, yang sangat terkait dengan resistensi insulin dan diabetes.

Melansir dari Health Line, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula atau pemanis buatan, dapat meningkatkan risiko terkait diabetes. Selain itu, kadar fruktosa yang tinggi dalam minuman manis menyebabkan perubahan metabolisme yang meningkatkan lemak di perut serta kadar kolesterol dan trigliserida yang berpotensi menyebabkan bahaya.

2. Makanan sumber lemak trans (margarin, selai kacang, krim, makanan beku, dan lain-lain)

Lemak trans buatan sangat tidak menyehatkan. Senyawa ini dibuat dengan menambahkan hidrogen ke asam lemak tak jenuh untuk membuatnya lebih stabil.

Lemak trans tidak meningkatkan kadar gula darah secara langsung, namun senyawa ini dikaitkan dengan peningkatan peradangan, resistensi insulin, lemak perut, serta menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan gangguan fungsi arteri.

 

BACA JUGA: Inilah Pilihan Makanan Terbaik Untuk Penderita Diabetes

 

3. Roti, nasi, dan pasta

Tiga jenis makanan di atas adalah makanan olahan berkarbohidrat tinggi. Makan roti dan makanan tepung olahan lainnya terbukti secara signifikan meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1 maupun tipe 2.

Makanan tinggi karbohidrat bukan hanya mampu meningkatkan gula darah, namun juga bisa menurunkan fungsi orak pada penderita diabetes tipe 2 dan defisit mental. Selain iu, makanan olahan seperti roti putih, nasi, dan pasta cenderung mengandung sedikit serat.  Padahal serat berguna untuk membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

4. Yogurt rasa buah

Yogurt tanpa rasa merupakan pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Pada umumnya yogurt dibuat dari susuk tanpa lemak atau rendah lemak, namun sarat akan karbohidrat dan gula. Namun variasi rasa buah membuat segalanya sangat berbeda.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami