Penderita Diabetes Wajib Jauhi 7 Jenis Makanan Ini!
Sumber: assets.pikiran-rakyat.com

Health / 30 December 2021

Kalangan Sendiri

Penderita Diabetes Wajib Jauhi 7 Jenis Makanan Ini!

Claudia Jessica Official Writer
3431

5. Sereal sarapan manis

Makan sereal bisa menjadi salah satu cara terburuk untuk memulai hari jika Anda menderita diabetes.  Pasalnya, kebanyakan sereal mengandung jauh lebih banyak karbohidrat daripada yang disadari banyak orang.

Selain itu, sereal menyediakan cenderung sangat sedikit protein, nutrisi yang dapat membantu Anda merasa kenyang dan puas sekaligus menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari.  Bahkan beberapa sereal sarapan “sehat” bukanlah pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

6. Madu

Penderita diabetes biasanya menghindari asupan gula. Baik itu gula putih, makanan ringan seperti permen, atau kue. Namun bentuk gula lainnya juga dapat menyebabkan lonjakan gula darah, termasuk gula “alami” seperti madu, sirup maple, dan nectar agave.

Meski pemanis jenis yang satu ini tidak diproses secara berlebihan, kandungan karbohidrat di dalamnya bisa dikatakan sama dengan gula putih, bahkan lebih.

BACA JUGA: Dari Kanker Sampai Jantung, Ini 5 Penyakit Mematikan yang Banyak Renggut Nyawa

 

7. Buah kering

Buah adalah sumber vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin C dan kalium. Ketika buah dikeringkan, buah harus melewati proses untuk menghilangkan kadar air air di dalamnya sehingga menyebabkan konsentrasi nutrisi lebih tinggi. Sayangnya, hal ini juga membuat kandungan gula di dalamnya menjadi lebih banyak.

Namun bukan berarti penderita diabetes tidak bisa mengkonsumsi buah. Hanya saja Anda harus lebih selektif dalam memilih buah-buahan yang rendah gula seperti buah beri segar, apel kecil, dan lainnya yang dapat memberikan manfaat kesehatan sekaligus menjaga gula darah tetap normal.

Perlu diingat, penderita diabetes bukan berarti tidak boleh mengonsumsi gula sama sekali. Melainkan harus lebih mengontrol kadar gula yang masuk ke dalam tubuh.

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan buatan sendiri. Tujuannya adalah untuk memantau kandungan di dalam suatu makanan.

Dengan pola makan sehat, olahraga, dan pengobatan yang tepar, kadar gula darah dapat lebih mudah terkontroll sehingga risiko terkena komplikasi penyakit diabetes pun menjadi lebih rendah.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami