Cara Merayakan Natal dengan Budget Hemat Bareng Keluarga
Sumber: jawaban.com

Finance / 8 December 2021

Kalangan Sendiri

Cara Merayakan Natal dengan Budget Hemat Bareng Keluarga

Claudia Jessica Official Writer
866

Tahun 2021, tahun kedua kita merayakan natal dalam keadaan pandemi. Namun keadaan tersebut tidak bisa merenggut sukacita natal kita, bukan? Mungkin terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya namun, masih ada banyak cara untuk merayakan hari natal bersama keluarga.

Gak selalu harus dengan budget yang besar, kita juga bisa merayakan natal yang penuh dengan sukacita meskipun dengan budget yang tidak banyak. Bagaimana caranya?

1. Rayakan di rumah atau di halaman rumah

Merayakan natal di rumah dapat membuat Anda lebih hemat. Anda tidak perlu menyewa tempat untuk seluruh keluarga Anda. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan dengan merayakan di rumah. Misalnya seperti makan malam bersama, bakar-bakaran, membuat games-games yang menyenangkan. Jika salah satu keluarga Anda bisa memainkan alat musik, Anda juga bisa melakukan ibadah bersama keluarga Anda di rumah sebelum merayakannya dengan makan-makan dan bermain games.

2. Saling Bawa Makanan (potluck)

Potluck adalah sebuah kegiatan yang diadaptasi dari Amerika. Dalam acara ini, tamu akan membawa makanan masing-masing sesuai dengan kemampuannya secara sukarela lalu akan digabung dengan menu makanan tamu lain untuk dinikmati bersama.

Kegiatan berkumpul seperti ini dinilai tidak memberatkan karena peserta bebas membawa apapun sesuai dengan kemampuan masing-masing dengan catatan, jumlahnya harus disesuaikan dengan jumlah orang yang hadir agar bisa dinikmati bersama. Kegiatan ini bukan untuk menjadi ajang untuk menilai makanan siapa yang lebih enak atau lebih mahal, melainkan untuk mempererat kebersamaan sehingga tidak lazim dilakukan di tempat makan seperti di restoran atau kafe.

 

BACA JUGA: Bukan Kado atau Sepatu Baru, Tapi Inilah Kado Natal Terindah untuk Anak Anda

 

3. Cari Diskon

Jika Anda ingin melakukan perayaan natal bersama keluarga di luar rumah, maka carilah tempat makan yang menawarkan diskon.

4. Coret Tradisi yang Tidak Terlalu Penting

Ada berbagai tradisi natal yang biasa dilakukan oleh keluarga. Mulai dari kumpul bersama, ibadah bersama, makan bersama, bermain games, hingga acara tukar kado turut memeriahkan perayaan Natal. Namun jika Anda menginginkan perayaan natal low budget, maka Anda perlu menghapus beberapa daftar yang tidak terlalu penting. Misalnya seperti hadiah. Anda bisa masih bisa memeriahkan perayaan natal Anda dengan berbagai games yang dilakukan bersama meskipun tanpa hadiah.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk merayakan natal dengan budget yang hemat. Mau coba yang mana?

 

BACA JUGA: Apa Kata Alkitab Soal Natal? Yuk Temukan Lewat 16 Ayat Alkitab Ini

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami