Yesus dan Kisah Gadis Bodoh yang Kehabisan Minyak

Yesus dan Kisah Gadis Bodoh yang Kehabisan Minyak

Lori Official Writer
      671

Yohanes 7: 34

Kamu akan mencari Aku, tetapi tidak akan bertemu dengan Aku, sebab kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada.

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 137; Yohanes 14; 2 Tawarikh 36:22-23

Yesus menceritakan banyak kisah kepada murid-murid-Nya untuk membantu semua orang tahu bagaimana caranya supaya kita siap saat Dia datang ke dunia.

Salah satunya adalah tentang 10 gadis di dalam Alkitab. Seperti biasanya, mereka berkumpul di dekat rumah pengantin wanita, menunggu pengantin pria datang untuk membawa mereka menuju pesta pernikahan malam. 

Lima dari gadis itu bijaksana dan lima lainnya bodoh. Masing-masing dari mereka sudah diberikan satu pelita. Tetapi 5 gadis bodoh itu tidak punya minyak sebagai bahan bakar menyalakan pelita. Sementara 5 gadis bijaksana itu sudah mempersiapkan bahan bakar ekstra untuk pelita mereka.

Pengantin pria pun tiba dalam waktu yang cukup lama. Sehingga mereka menunggu berjam-jam hingga jatuh tidur. Pelita mereka bahkan mulai padam.

Lalu di tengah malam, mereka terbangun karena suara teriakan. “Lihat, mempelai pria sudah datang; temuilah dia!” 

Seketika 5 gadis bodoh mulai panik. Pelita mereka hampir padam dan tak lagi ada persediaan bahan bakar untuk mengisi tabung pelita. Pada akhirnya mereka meminta kepada 5 gadis bijaksana. “Tolong, berikanlah kami minyak kalian.”

Tetapi bahan bakar yang mereka punya tidak cukup untuk dibagi. Mereka pun bergegas mencari toko bahan bakar lebih dulu. Sementara 5 gadis bijaksana, yang pelitanya masih menyala, segera mengikuti prosesi pernikahan dan masuk ke ruang perayaan menikmati jamuan makan.

 

Baca Juga: 

Menjaga 'Pelita Tubuh'

Fakta Alkitab : Wujud Pelita Gadis-gadis Bijaksana dan Bodoh Serta Makna Dibaliknya

 

Gadis-gadis bodoh itu akhirnya datang. Mereka mendengar musik dan gelak tawa dalam perayaan dari luar pintu. Tetapi saat mereka mengetuk dan memanggil, pengantin pria tak lagi membuka pintu. 

Yesus mengumpamakan gadis-gadis bijaksana itu seperti orang-orang percaya. Sementara pelita adalah perumpamaan dari firman Tuhan yang menerangi jalan. Mereka yang membiarkan firman Tuhan mengubah mereka adalah orang-orang yang bijaksana. Jika kita membiarkan Roh Kudus mengalir seperti minyak dalam hidup kita, kita akan siap menyambut kedatangan Yesus. Saat kita mempelajari firman Tuhan untuk mengetahui kehendak-Nya atas hidup kita, saat kita mau menghabiskan waktu berbicara dengan Yesus untuk mengenal Dia lebih baik, saat kita membiarkan Yesus mengendalikan pikiran kita sehingga kita hidup seperti Yesus hidup, kita akan membiarkan terang surga bersinar dimanapun kita berada.

Hari ini, Anda baru saja mempelajari kebenaran-Nya. Ambil waktu Anda sejenak untuk berdoa dan meminta Tuhan Yesus untuk memenuhi Anda dengan kasih-Nya. Serahkanlah seluruh hidup Anda dan biarkan Dia bertanggung jawab. Dia akan menolong Anda mempercayai firman-Nya dan Dia akan membantu mengubah Anda menjadi sosok yang siap masuk ke dalam kerajaan-Nya.

 

Hak cipta Adventures Through the Holy Bible, disadur dari Crosswalk.com

 


 

Anda diberkati dengan renungan harian kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

DAFTAR 

Ikuti Kami