Benarkan Generasi Saat ini Tidak Memiliki Pendirian?
Kalangan Sendiri

Benarkan Generasi Saat ini Tidak Memiliki Pendirian?

Claudia Jessica Official Writer
      1801

Matius 11: 16-17

“Dengan apakah akan Kuumpamakan angkatan ini? Mereka itu seumpama anak-anak yang duduk di pasar dan berseru kepada teman-temannya: Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak berkabung.”

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 135; Yohanes 12; Ratapan 3

Plin plan.

Saya berpikir untuk waktu yang lama bahwa plin plan adalah makian yang aneh. Kata plin plan bukan kata makian yang sebenarnya, namun sering digunakan untuk menyatakan ketidakjelasan suatu hal.

Seiring dengan bertambahnya usia, saya belajar bahwa itu artinya cenderung berubah. Yang lebih spesifik, itu menggambarkan seseorang yang tidak konstan atau setia dalam kasih sayang mereka.

Plin plan.

Yesus menggambarkan orang seperti ini, Dia berkata,

“Dengan apakah akan Kuumpamakan angkatan ini? Mereka itu seumpama anak-anak yang duduk di pasar dan berseru kepada teman-temannya: Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak berkabung.”

Di tempat lain, terjemahan lain menjelaskan maknanya:

“Bagaimana saya bisa menjelaskan generasi ini? Orang-orang itu seperti anak manja yang merengek kepada orang tuanya, ‘Kami ingin lompat tali, dan kamu selalu terlalu lelah’ kami ingin bicara, tapi kamu selalu terlalu sibuk.’” (Message/Pesan)

“Kamu seperti anak-anak yang bermain game di taman bermain, meneriaki teman bermain mereka, ‘Kamu tidak suka kalau kita bermain tentang pernikahan, dan kamu juga tidak suka ketika kita hendak bermain pemakaman. Kamu tidak akan menari atau berkabung.’” (Passion)

Dalma kata lain, mereka plin plan.

Tapi Yesus tidak berbicara secara acak. Dia tidak bersikap kasar dalam kritik-Nya. Dia membuat poin tentang bagaimana orang secara tidak konsisten menilai hal-hal tentang Tuhan.

“Karena Yohanes datang, ia tidak makan, dan tidak minum, dan mereka berkata: Ia kerasukan setan. Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya.” (Mazmur 11: 18-19)

Pesan terjemahan mengatakan,

“Jajak pendapat tidak berarti banyak, bukan?”

Dari generasi Yesus sampai kita, sifat manusia tidak berubah. Jajak pendapat tidak berharga, itu hanya opini, keyakinan dan penilaian seringkali didasarkan pada perasaan.

“Yah, itu tidak mungkin dari Tuhan karena kamu tahu apa yang dia lakukan 20 tahun yang lalu?” atau “Saya tahu Tuhan mengampuni, tetapi Dia tidak akan pernah menggunakan kepribadian flamboyan seperti orang itu.” Betulkah? Apakah kita plin plan?

Tuhan telah memberi kita Firman-Nya sebagai panduan. Dia menunjukkan jalan kehidupan kepada kita. Dan yang lebih penting, Firman-Nya menunjukkan kepada kita hasil mana yang harus dicari, terlepas dari bagaimana kita sampai di sana.

Yohanes Pembaptis adalah karakter tidak biasa yang memisahkan dirinya dari masyarakat, tetapi dia memenuhi tujuannya dan menghasilkan buah (mengungkapkan Mesias yang akan datang). Yesus adalah kepribadian yang sepenuhnya berlawanan, pusat segalanya, menyentuh penderita kusta, makan dengan pemungut cukai, dan membiarkan mantan pelacur dan wanita yang dipenuhi setan melayani pelayanan-Nya. Tidak diragukan lagi, Yesus menghasilkan buah yang kekal.

“Kebijaksanaan dibenarkan oleh anak-anaknya.”

Jadi saya mendorong Anda hari ini untuk berhati-hati terhadap pendapat - pendapat Anda atau orang lain. Pendapat plin plan. Mereka sering didasarkan pada emosi hari itu daripada Kebenaran Firman Tuhan. Alih-alih menjadi aneh, goyah, atau seperti yo-yo (semua sinonim untuk berubah-ubah), pilihlah yang sebaliknya: sadar, konstan, setia.

Dalam generasi yang dibombardir oleh jajak pendapat yang didorong oleh media ini, biarkan kata berubah-ubah menjadi bahasa gaul sesekali Anda dan bukan deskripsi perilaku dan penilaian Anda.

 

Hak Cipta © 2021 Daphne Delay, digunakan dengan izin.

Ikuti Kami