#FaktaAlkitab: Mengapa Ular Sering Dikaitkan dengan Kejahatan di Alkitab?
Sumber: jawaban channel

Fakta Alkitab / 18 October 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Mengapa Ular Sering Dikaitkan dengan Kejahatan di Alkitab?

Claudia Jessica Official Writer
9120

Simbol Ular dalam Alkitab

Ada beberapa istilah atau simbol ular yang dicatat dalam Alkitab. Diantaranya ialah:

- Ular Tedung. Bilangan 21 menulis ular tedung adalah ular menyerang orang Israel sehingga banyak diantara mereka yang mati. Ular Tedung sendiri adalah jenis ular berbisa dan cukup dikenal karena sering memakan ular lain. Selain itu, ada jenis ular tedung yang mampu melemahkan mangsa dengan menyembur bisa pada mata mangsa.

- Ular Tembaga. Ular tembaga ini dibuat oleh Musa atas perintah Tuhan untuk menyembuhkan orang Israel yang telah digigit oleh ular-ular beracun di padang gurun. Ular tembaga ini diikatkan pada sebuah tiang, “maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap hidup” (Bil. 21:8). Melalui peristiwa ini Allah memberikan kelepasan kepada bangsa Israel dan mengajar mereka supaya sepenuhnya bergantung kepada Allah.

- Ular Beludak. Beberapa ayat dalam Perjanjian Lama telah menuliskan soal ular beludak (Kej. 49:17, Yes. 11:8, Yer. 8:17). Ular beludak adalah satu ular paling beracun di Palestina, dan dikenali dari tanduk kecil yang runcing di atas setiap matanya. Dalam Alkitab Perjanjian Baru, Yesus mencaci orang Farisi dengan sebutan “keturunan ular beludak”. Maksud dari ucapanNya ini merupakan kecaman terhadap orang Farisi terkait kemunafikan dan sumpah palsu mereka.

- Ular Naga Terbang. Beberapa ayat yang mencatat ular naga terbang ialah Yesaya 14:29, 30:6. Terjemahan ayat ini dapat dipahami bahwa memang Ular ini mirip legenda naga, yang bisa meluncur terbang dari ketinggian. Ular ini bisa terbang di atas kepala meski tidak punya sayap, namun dapat kita pahami bahwa “terbang” lebih bermakna dengan melompat/ melesat dengan tubuhnya.

- Ular Tua. Kitab Wahyu 12:9, 20:2 adalah bagian Alkitab yang menyinggung soal ular tua.  Ular tua adalah penentang Allah yang utama, yaitu iblis, yang disebutkan sebagai ular yang semula dan diterjemahkan “si ular tua”. Si ular semula inilah yang menggunakan seekor ular di Taman Eden sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan si wanita (Kejadian 3:1-15).  Ular tua atau Setan ini adalah bapak leluhur para penentang Allah.

 

BACA JUGA: 31 Oktober, Antara Perayaan Halloween dan Hari Reformasi Gereja

 

Ular dalam konteks tertentu di Alkitab dikenal sebagai lambang Iblis. Sebab Iblis datang kepada Hawa dan memperdayainya melalui ular. Manusia pertama, Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa yang dengan demikian juga tabiat dosa itu menjalar ke seluruh umat manusia.

Namun dalam Kejadian 3:15 Allah berfirman bahwa, “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.”

Ayat ini menyiratkan sebuah janji Allah mengenai rencana penebusan dunia. Janji tersebut menubuatkan kemenangan mutlak umat manusia dan Allah atas Iblis.

Anda diberkati dengan konten-konten kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

DAFTAR

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami