10 Tips Biar Nikmati Saat Teduh Bersama Tuhan Setiap Hari

10 Tips Biar Nikmati Saat Teduh Bersama Tuhan Setiap Hari

Lori Official Writer
12629

Dalam kehidupan Kristen, kebiasaan saat teduh pagi ada kalanya tanpa disadari bisa berubah hanya sekadar rutinitas semata. Agar tidak terjebak dalam kondisi ini, ada baiknya kembali mengoreksi diri dengan berhenti mengikuti aktivitas sehari-hari yang sudah terjadwal dengan rapi. Ada kalanya Anda harus keluar dari kebiasaan itu dan mulai mendorong diri untuk melakukan sesuatu yang kreatif.

10 tips ini mungkin bisa membantu Anda mendapatkan kembali kesegaran ketika bersaat teduh di pagi hari.

1. Fokuslah mencari Tuhan

Menjadi murid berarti menjadi seorang pengikut. Selama ini Anda mungkin tidak benar-benar menjadi pengikut dan fokus mencari Tuhan karena telah teralihkan oleh beragam berita baru di media sosial. Perhatikan benar-benar bahwa untuk mendapatkan kesegaran rohani, Anda hanya perlu fokus smencari dahulu kerajaan Allah dan kebenaran-Nya maka semua hal akan ditambahkan bagi Anda.

"Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." (Matius 6:33)

2. Hidup dalam kedisiplinan

Ada orang yang tidak menyadari bahwa disiplin yang diterapkan dalam kehidupannya ternyata sudah menjadi ritual semata. Saat teduh pagi yang terus dilakukan setiap pagi secara teratur bisa saja hanya dilakukan untuk sekadar memenuhi jadwal saja. Akibatnya, persekutuan bersama tubuh seringkali tidak dinikmati dan hanya sekadar lalu. Untuk kembali mengalami kesegaran seperi ketika mengalami jatuh cinta pertama kali dengan Tuhan, ada baiknya kembali melatih disiplin diri dengan melakukan saat teduh seperti seharusnya. Jangan paksakan saat teduh pagi jika Anda benar-benar belum terkoneksi dengan Tuhan.

"Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak." (1 Korintus 9: 27)

 

Baca Juga:

Pentingnya Saat Teduh

Mendengar Isi Hati Tuhan

 

3. Berani mengubah kebiasaan

Jika Anda merasa bosan melakukan saat teduh dengan bahan renungan saja, jangan segan untuk menunjukkan kreatifitas Anda dengan mengganti bahan saat teduh dengan Alkitab saja. Cobalah mengupas ayaht Alkitab tertentu secara berurutan atau gunakan buku rohani tertentu. Jangan takut untuk mengubah sesuatu yang telah membuat Anda nyaman agar Anda mengalami hal baru setiap hari.

"Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, telah Kutunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda, dan telah Kupenuhi dia dengan Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan..." (Keluaran 31: 1-3)

4. Miliki komunitas

Kita memerlukan sebuah komunitas. Kita butuh bantuan orang untuk bertumbuh. Pilihlah salah satu dari teman atau keluarga yang bisa membantu Anda bersekutu bersama dengan Tuhan setiap hari. Jika Anda tidak memberitahu orang lain, mereka mungkin tidak akan pernah tahu kondisi Anda.

"Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat." (Ibrani 10: 24-25)

5. Minta bantuan

Jangan takut untuk meminta bantuan dari teman, saudara atau pasangan Anda untuk mendukung Anda kembali merasakan keintiman dengan Tuhan. Hal ini pun dilakukan Allah ketika umat-Nya mengalami ujian berat dalam hidupnya. Apakah Anda enggan meminta bantuan dari orang lain? Ingatlah bahwa mengaku akan kondisi diri sendiri akan sangat membebaskan Anda. Anda bahkan akan menemukan diri Anda merasakan kebebasan.

"Ia telah menerima pengajaran dalam Jalan Tuhan. Dengan bersemangat ia berbicara dan dengan teliti ia mengajar tentang Yesus, tetapi ia hanya mengetahui baptisan Yohanes." (Kisah Para Rasul 18: 25)

6. Tetap memantau

Ketika kita meminta dukungan dari orang lain, tetaplah berdiri untuk menyaksikan bagaimana Tuhan berbicara kepada Anda. Dimana Anda bisa mendengarkan suara Tuhan? Setidaknya ada tiga tempat yang bisa Anda gunakan untuk bersaat teduh dengan Tuhan yaitu di kamar tidur, di ruangan atau di luar rumah.

"Aku mau berdiri di tempat pengintaianku dan berdiri tegak di menara, aku mau meninjau dan menantikan apa yang akan difirmankan-Nya kepadaku, dan apa yang akan dijawab-Nya atas pengaduanku. Lalu TUHAN menjawab aku, demikian: "Tuliskanlah penglihatan itu dan ukirkanlah itu pada loh-loh, supaya orang sambil lalu dapat membacanya." (Habakuk 2: 1-2).

 

Baca Juga: 

Merasa Tidak Sempat

 

Melatih Anak untuk Bersaat Teduh

 

7. Gunakan Indra untuk merasakan hadirat Tuhan

Kita bisa merasakan dan melihat kehadiran Tuhan melalui firman-Nya, doa dan juga kehadiran orang lain. Anda hanya perlu mengaktifkan indra Anda untuk bisa terhubung setiap hari dengan-Nya, baik melalui pendengaran, sentuhan, bau ataupun rasa.

"Karena roti yang dari Allah ialah roti yang turun dari sorga dan yang memberi hidup kepada dunia." (Yohanes 6: 33)

8. Temukan janji Tuhan dalam hidup Anda

Jika Anda sedang dalam kondisi sakit, maka janji Tuhan adalah tentang kesembuhan atau pemulihan. Sebab firman Tuhan menjanjikan setiap orang rancangan damai sejahtera. Jadi, jika Anda merasa hubungan Anda dengan Tuhan serasa hambar, ANda perlu mencari tahu apa yang sebenarnya Tuhan taruhkan di dalam hati Anda.

"Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya." (1 Petrus 5:10)

9. Hafal ayat Alkitab

Menghafal ayat Alkitab sesungguhnya sangat bermanfaat. Sebab hal itu bisa membantu Anda kapanpun saat Anda sedang butuh diteguhkan. Atau ketika Anda merasa bosan dengan rutinitas, ayat firman Tuhan yang Anda hafalkan bisa menjadi bahan perenungan bagi Anda sepanjang hari. Cara ini kadang kala memberi pengalaman kerohanian kita yang baru.

10. Hiduplah untuk kekekalan

Tuhan sudah memberikan setiap kita karunia rohani untuk bisa hidup dalam kesalehan. Artinya, Tuhan menginginkan kita hidup dalam kebaikan, penuh pengetahuan, penguasaan diri, ketekunanm kesalehan, kasih sayang, dan iman setiap harinya. Untuk itu, doronglah diri Anda untuk tetap mencari Tuhan dan meminta kebijaksanaan dan kemampuan melewati segala rintangan hidup.

"Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib." (2 Petrus 1: 3)

Jika Anda saat ini merasa begitu lelah dan bosan menjalani kehidupan Anda sehari-hari, datanglah kepada Yesus. Ketoklah pintu-Nya dan pandanglah pada kasih setia Tuhan yang selalu baru setiap hari.

Sumber : Crosswalk.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami