10 Peran Penting Ini Tidak Bisa Diperankan Oleh Manusia, Hanya Tuhan yang Bisa (Bagian 1)

10 Peran Penting Ini Tidak Bisa Diperankan Oleh Manusia, Hanya Tuhan yang Bisa (Bagian 1)

Claudia Jessica Official Writer
391

Jika Anda adalah seorang penggemar film atau pernah menonton film, pasti Anda melihat aktor yang memainkan berbagai peran di film yang berbeda bukan? Dengan kemampuan aktingnya, ia dapat menghidup peran yang diberikan kepadanya. Menarik ya?

Dalam kehidupan nyata, Tuhan dapat menjalankan berbagai peran dengan lebih baik daripada seorang aktor. Dan yang terpenting adalah, Tuhan tidak memainkan seni peran.

Dia mampu, mau, dan siap untuk mengisi setiap peran yang kita butuhkan. Ini merupakan titik awal yang baik untuk mengingatkan kembali diri kita tentang peran Tuhan yang luar biasa dalam hidup kita yang tidak bisa digantikan oleh siapapun.

1. Penyelamat

Pertama dan yang terutama. Tuhan adalah penyelamat kita. Ibu kita tidak bisa menyelamatkan kita, demikian juga ayah, ataupun teman-teman kita tidak bisa menyelamatkan kita. Bahkan diri kita sendiri pun tidak mampu menyelamatkan kita.

Yesaya 45:21-22 menyatakan, “Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku! Berpalinglah kepada-Ku dan biarkanlah dirimu diselamatkan, hai ujung-ujung bumi! Sebab Akulah Allah dan tidak ada yang lain.”

Ketika kita membiarkan Tuhan memainkan peran penyelamat dalam hidup kita, kita telah diselamatkan dari dosa-dosa kita dan diberkati dengan kesempatan untuk menikmati kekekalan di Surga bersama-Nya.

2. Bapa

Bergantung pada jenis hubungan yang mungkin Anda miliki dengan ayah duniawi Anda, peran Allah sebagai Bapa dapat dengan mudah diterima, atau mungkin menantang. Namun demikian, salah satu peran indah yang Tuhan ingin mainkan dalam hidup Anda adalah Bapa.

Roma 8:15-17 menyatakan, “Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!" Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.”

Tuhan ingin memiliki hubungan dengan kita, Tuhan menginginkan yang terbaik bagi kita, dan Dia mengerjakan segala sesuatu dalam hidup kita untuk kebaikan.

3. Pondasi yang kokoh

Merasa goncang atau goyah? Apakah Anda mencari pondasi yang kokoh? Tuhan adalah jawabannya.

Dia adalah batu kita. Mazmur 18: 3 menyatakan, “Ya TUHAN, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku, Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku!”

Ketika kita mengizinkan Tuhan untuk mengisi peran sebagai batu karang dalam hidup kita, kita dapat menemukan rasa aman dan nyaman. Orang berubah, situasi berubah dengan cepat, namun Tuhan tetap sama. Oleh karena itu, kita bisa dikuatkan dan berharap pada Tuhan, batu karang kita.

4. Perlindungan

Pernahkan Anda membutuhkan tempat perlindungan yang aman di mana Anda bisa beristirahat dan mencari perlindungan? Peran perlindungan adalah spesialisasi Tuhan. Mazmur 62: 8-9 mengatakan, “Pada Allah ada keselamatanku dan kemuliaanku; gunung batu kekuatanku, tempat perlindunganku ialah Allah. Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita.”

Hanya di dalam Tuhan kita dapat menemukan perlindungan dari masalah atau kesulitan. Hanya Tuhan sumber yang dapat diandalkan. Hanya dengan Tuhan kita dapat berbagi semua kekhawatiran dan pemikiran apapun yang Anda simpan di lubuk hati Anda.

5. Penolong

Apakah Anda adalah seseorang yang mencoba melakukan semua hal sendirian? Apakah Anda seseorang yang sungkan untuk meminta bantuan dan merasa sendiri ketika menghadapi berbagai pencobaan? Tidak harus seperti itu. Mazmur 46: 2 mengatakan, “Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.”

Selain itu, Yesaya 41: 13 juga menyatakan, “Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: "Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau."”

Kedua ayat tersebut adalah pengingat bahwa Anda bisa datang kepada Tuhan untuk meminta bantuan. Anda harus melonggarkan cengkraman Anda terhadap suatu persoalan dan membiarkan Tuhan menjadi penolong. Anda tidak harus menjalani hidup TANPA bantuan ilahi-Nya.

Ketika kita membiarkan Tuhan menjadi penolong kita, seringkali kita menemukan rasa lega, bahkan kemudahan dalam menyelesaikan berbagai hal ketika kita melibatkan Dia.

Itulah 5 dari 10 peran Tuhan yang tidak bisa diwakilkan oleh manusia ataupun hal lain yang ada di dunia ini. Kita akan melanjutkan 5 peran lainnya dalam artikel selanjutnya ya!

Sumber : iBelieve
Halaman :
1

Ikuti Kami