7 Fakta Sejarah Tentang Kenaikan Yesus Belum Banyak Diketahui Orang Kristen
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 18 May 2023

Kalangan Sendiri

7 Fakta Sejarah Tentang Kenaikan Yesus Belum Banyak Diketahui Orang Kristen

Wisnu Prianggani Contributor
1623

Orang Kristen pasti tahu bahwa kenaikan Yesus adalah peristiwa di mana Yesus naik ke surga setelah bangkit dari kematian. Setelah Yesus bangkit dari kematian, Dia tinggal bersama para murid-Nya selama empat puluh hari sebelum Dia naik ke surga di depan mata mereka. Kenaikan Yesus menunjukkan bahwa Dia benar-benar anak Allah dan memiliki kuasa atas hidup dan kematian. Kenaikan Yesus juga menandakan awal dari perjalanan baru bagi para pengikut-Nya, karena mereka diutus untuk memberitakan Injil kepada seluruh dunia.

Pada saat peristiwa kenaikan, Yesus naik ke surga dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa. Hal ini melambangkan kemenangan Yesus atas dosa dan kematian, serta memberikan harapan bagi umat Kristen untuk hidup selamanya bersama Allah di surga setelah kematian. Peristiwa kenaikan Yesus ini dicatat dalam Alkitab dan diperigati setiap tahun oleh umat Kristen. Berikut adalah 7 fakta sejarah tentang kenaikan Yesus:

Fakta 1: Penanggalan Kenaikan Yesus
Menurut catatan Kitab Suci, kenaikan Yesus terjadi di Bukit Zaitun dekat Betania, dan hari kenaikan Yesus dirayakan pada hari Kamis ke-40 setelah Paskah, atau pada hari Minggu berikutnya di beberapa gereja.

 

Baca Juga: 4 Pelajaran Penting yang Dapat Dimaknai dari Kenaikan Yesus Kristus



Fakta 2: Arti Teologis Kenaikan Yesus
Secara teologis, kenaikan Yesus memiliki makna yang penting yaitu kenaikan Yesus menunjukkan bahwa Yesus telah kembali ke Bapa di surga setelah menyelesaikan misinya di dunia. Hal ini juga menegaskan kekuasaan dan kuasa Allah atas segala sesuatu.

Fakta 3: Perayaan Kenaikan Yesus
Gereja Kristen memperingati kenaikan Yesus setiap tahunnya dengan perayaan khusus. Beberapa gereja memiliki kebiasaan liturgi yang terkait dengan kenaikan, seperti penggunaan obor dalam prosesi liturgi, pemberkatan anggur sebagai perjamuan simbolis bagi orang mati di surga, penggunaan spanduk prosesi dengan gambar singa dan naga sebagai simbol kemenangan Kristus atas kejahatan, serta pengangkatan patung Kristus melalui atap gereja.

Fakta 4: Makna Kenaikan Yesus
Kenaikan Yesus memiliki makna penting dalam misi Kristen dan kedisiplinan sehari-hari. Kenaikan Yesus menunjukkan bahwa Yesus telah menyelesaikan misinya di dunia dan kembali ke Bapa di surga. Hal ini memberikan inspirasi dan semangat bagi umat Kristen untuk memperjuangkan misi dan tugas mereka di dunia.

Fakta 5: Tradisi Gereja Ortodoks Timur
Gereja Ortodoks Timur menyebut perayaan Kenaikan sebagai analepsis (yang berarti pengangkatan) dan episozomene (yang berarti keselamatan). Hal ini menunjukkan betapa pentingnya makna kenaikan Yesus bagi umat Kristen di seluruh dunia.

Fakta 6: Referensi Perayaan Kenaikan Yesus
Perayaan Kenaikan Yesus telah ada sejak zaman gereja perdana. Beberapa tokoh gereja seperti Santo Agustinus, Yohanes Krisostomus, dan Gregorius dari Nyssa membuat referensi pada perayaan ini. Bahkan, Konstitusi Para Rasul juga merujuk pada perayaan kenaikan Yesus.

 

Baca Juga: Inilah 6 Pesan Penting Kenaikan Yesus Bagi Orang Percaya



Fakta 7: Peringatan Hari Raya
Peringatan hari raya kenaikan Yesus memiliki arti penting dalam kehidupan umat Kristen. Meskipun bukan merupakan hari libur resmi, peringatan ini tetap dirayakan di seluruh dunia sebagai bentuk penghormatan terhadap kenaikan Yesus ke surga setelah menyelesaikan misinya di dunia.

Secara teologis, Kenaikan Yesus memiliki arti penting bagi umat Kristen karena menandakan bahwa Yesus telah kembali ke sisi Bapa-Nya di surga dan memenuhi misi-Nya di dunia. Selain itu, Kenaikan Yesus juga merupakan pengangkatan-Nya ke takhta-Nya yang sebenarnya dan memperlihatkan bahwa Kristus memiliki kekuasaan yang mutlak atas seluruh ciptaan.

Selain penting secara teologis, Kenaikan Yesus juga memiliki implikasi bagi misi Kristen dan disiplin sehari-hari. Kenaikan Yesus mengirimkan Roh Kudus kepada para murid-Nya, mempersiapkan mereka untuk menjadi saksi-saksi Kristus di seluruh dunia. Kita sebagai murid Kristus juga dipanggil untuk menyatakan kesaksian kita tentang Yesus dan mengabarkan Kabar Baik kepada orang lain.

Halaman :
1

Ikuti Kami