Ini Dia! Faktor Penyebab Mengapa Kita Kesetrum Saat Menyentuh Orang Lain & Cara Mengatasin

Ini Dia! Faktor Penyebab Mengapa Kita Kesetrum Saat Menyentuh Orang Lain & Cara Mengatasin

Claudia Jessica Official Writer
265

Pernah gak sih, Anda merasa tersengat listrik atau kesetrum saat menyentuh orang lain? Apa yang Anda rasakan saat hal tersebut terjadi? Keheranan? Atau mungkin Anda berpikir bahwa Anda memiliki kekuatan super layaknya superhero? Tidak, tidak. Bukan begitu.

Mari kita bahas bagaimana fenomena ini bisa terjadi, berikut 6 faktor yang menyebabkan manusia kesetrum saat menyentuh orang lain.

1. Tubuh manusia merupakan medan listrik alami yang disebut dengan atom

Listrik di dalam tubuh berasal dari atom yang terdiri dari tiga elemen utama, yaitu proton (muatan positif), elektron (muatan negatif), dan neutron (muatan yang netral). Mereka berfungsi untuk mengatur berbagai fungsi organ seperti otak hingga jantung.

Atom idealnya terdiri dari 3 jenis partikel proton, elektron, dan neutron dengan jumlah yang stabil.

2. Partikel tidak seimbang menghasilkan listrik statis

Apabila atom dalam tubuh tidak seimbang dan mengandung elektron atau proton lebih banyak, kondisi ini dapat disebut sebagai listrik statis.

Hal ini dikarenakan elektron atau muatan negatif, akan terus bergerak ke arah muatan positif. Ketika Anda bersentuhan dengan seseorang atau benda yang kelebihan proton atau muatan positif, Anda akan merasakan sensasi seperti sengatan listrik.

Pertemuan dan perpindahan kedua muatan ini akan menghasilkan reaksi statis seperti sengatan listrik. Inilah yang membuat Anda merasa kesetrum saat menyentuh orang lain atau benda.

BACA JUGA: Nelpon Sambil Isi Daya Baterai, Wanita Ini Tewas Tersengat

3. Faktor yang membuat atom tidak seimbang

Ada beberapa penyebab yang membuat atom dalam tubuh tidak seimbang. Mulai dari hal yang biasa Anda lakukan, hingga Anda pakai. Beberapa faktor ini juga menjadi penyebab mengapa ada beberapa orang yang lebih sering terasa kesetrum ketika disentuh.

> Kebiasaan berjalan dengan menyeret kaki

Mungkin Anda pernah memperhatikan orang-orang yang berjalan sambil menyeret kaki? Atau mungkin Anda sendiri memiliki kebiasaan tersebut? Gesekan yang terjadi antara kaki dan lantai membuat ekstron pada kaki berpindah.

Proton atau muatan positif pada tubuh Anda akan berpindah ke lantai dan mengakibatkan atom dalam tubuh menjadi tidak seimbang akibat terlalu banyak mengandung elektron atau muatan negatif. Ayo mulai berjalan dengan tidak menyeret kaki!

> Kulit kering

Kulit yang kering mampu melepaskan elektron dengan mudah sehingga kuli akan kelebihan muatan positif. Ketika Anda bersentuhan dengan orang lain yang kelebihan muatan negatif, kalian akan merasakan sensasi kesetrum. Usahakan agar kulit Anda tetap lembab, misalnya dengan menggunakan lotion.

> Menggunakan pakaian berbahan wol, polyester (serat sintesis), atau sutra

Bahan-bahan yang disebutkan diatas rentan menyebabkan jumlah proton dan elektron tidak seimbang. Anda bisa menggunakan pakaian dengan bahan lain agar atom dalam tubuh tetap seimbang.

> Menggunakan sepatu sol karet

Sol sepatu yang terbuat dari karet cenderung lebih mudah menghantarkan listrik statis. Untuk menghindarinya, Anda bisa mencoba untuk menggunakan sepatu dengan sol yang terbuat dari kulit.

> Udara dingin dan kering

Tempat terbuka yang dingin atau ruangan ber-AC cenderung membuat atom kehilangan keseimbangan jumlah proton dan elektron. Sebaliknya, udara yang hangat atau lembap dapat mengikat kelebihan muatan sehingga atom di sekitar Anda tetap seimbang dengan lebih baik.

Itu dia beberapa faktor, penyebab, dan cara mengatasi hal yang membuat Anda merasa kesetrum saat menyentuh orang lain. Semoga bermanfaat ya!

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai rasa penasaran Anda? Tuliskan di kolom komentar ya!

 

BACA JUGA: Wow, Sering Rasakan Merinding Atau Bergidik Saat Kencing? Ternyata Inilah Sebabnya!

Sumber : Hellosehat.com
Halaman :
1

Ikuti Kami