Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
743


Mengutip Wikipedia, buang air kecil adalah peristiwa dikeluarkannya urin pada alat pembuangan air kecil dari uretra sampai meatus air kecil keluar tubuh. Peristiwa tersebut juga dikenal dengan nama pipis dan kencing. Dalam kesehatan manusia (dan beberapa hewan lainnya) proses buang air kecil dibawa di bawah kontrol sukarela.

Pernahkah diantara kita merasakan sensasi merinding saat buang air kecil? Biasanya sensasi tersebut juga sepaket dengan perasaan lega.

Dalam Bahasa Inggris, fenomena merinding saat buang air kecil disebut dengan pee shivers atau pee shakes. Bahasa medisnya, pengalaman ini disebut sebagai post-micturition convulsion syndrome. Saat ini, belum ada penelitian yang bisa mengungkapkan penyebab pasti kenapa kita merasakan fenomena ini.

Namun, beberapa petunjuk yang bisa menjelaskan mengenai fenomena merinding ini.

1. Pee shivers lebih sering terjadi saat kita benar-benar kebelet untuk buang air kecil. Hal ini berkaitan dengan peningkatan tekanan darah yang diikuti pula dengan peningkatan saraf parasimpatis atau saraf yang mengatur agar kita segera mengosongkan kandung kemih.

Saraf parasimpatis ini cenderung lebih aktif saat kandung kemis dipenuhi oleh urin sehingga membuat otak untuk segera mengosongkannya.

Lalu ketika air kencing dikeluarkan dalan jumlah yang besar, tekanan darah akan menurun secara mendadak. Saraf parasimpatis meresponnya dengan sensasi merinding atau bergidik yang menjalar hingga ke tulang belakang.

2. Pee shivers lebih sering dialami oleh laki-laki daripada perempuan. Hal ini sangat berkaitan dengan posisi saat buang air kecil. Laki-laki akan buang air kecil sambil berdiri, sementara perempuan melakukannya sambil berjongkok atau menggunakan toilet duduk. Saraf parasimpatis lebih aktif saat posisi berdiri dibandingkan dengan posisi lainnya.

3. Pengalaman pee shivers biasanya hanya dialami di tempat-tempat tertentu. Contohnya, toilet umum. Akan sangat jarang kalau kita mengalami pee shivers di toilet rumah yang cenderung lebih nyaman. Sebab ketika berada di tempat yang tidak biasa, kita akan cenderung melepaskan sinyal untuk berjaga-jaga atau waspada.

Jadi, kita tidak perlu lagi khawatir kalau mendadak merasakan sensasi merinding atau bergidik saat sedang kencing. Setidaknya, sekarang ini belum ada penelitian yang menjelaskan mengenai dampak buruk dari pengalaman ini.

 

 

Sumber : detik

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hallo 18 February 2019 - 23:17:54

Apakah terlibat tawuran demi membela harga diri ke.. more..

0 Answer

Richard 18 February 2019 - 20:43:29

hutang

0 Answer

rina ashari 15 February 2019 - 04:48:52

makanan yang baik untuk ibu hamil usis di atas 40 .. more..

1 Answer


Richard 18 February 2019 - 20:46:28
Tolong Doakan agar hutang saya dapat berkurang.

Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Banner Mitra Week 3


7236

advertise with us