#FaktaAlkitab: Vaksin Penggenapan Kitab Wahyu? Benarkah Ini Tanda Akhir Zaman?

#FaktaAlkitab: Vaksin Penggenapan Kitab Wahyu? Benarkah Ini Tanda Akhir Zaman?

Claudia Jessica Official Writer
1499

Perencanaan vaksinasi di Indonesia diiringi dengan isu-siu liar yang bergulir. Dikalangan orang Kristen sendiri, muncul isu perihal adanya microchip 666 yang akan ditanamkan ke tubuh manusia melalui vaksin.

Apakah vaksinasi berkaitan dengan akhir zaman? Bagaimana gambaran Alkitab mengenai akhir zaman?

 

Pengajaran tentang Akhir Zaman

Dalam Alkitab ada 25 ayat yang menulis kata “akhir zaman”, baik di Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Akhir zaman dalam dalam bahasa Yunani disebut sunteleia (συντελεια), yang berasal dari kata kerja sunteleo (συντελεω), yang memiliki arti mengakhiri, menyudahi, menyelesaikan, atau menyempurnakan.

Ajaran tentang akhir zaman yang biasa di sebut eskatologi merupakan salah satu ajaran yang disampaikan Alkitab. kitab Daniel dan kitab Wahyu, adalah beberapa kitab apokaliptik yang menyinggung tentang akhir zaman. Selain itu, ada kitab Yesaya, kitab Yehezkiel serta khotbah Yesus tentang akhir zaman yang dituliskan dalam Matius 24.

Menurut pandangan Kristen, akhir zaman adalah masa akhir dalam sejarah dunia, sampai tibanya kehidupan kekal di sorga dan hukuman kekal di neraka. Oleh karena itu, sebagai orang percaya maka sangatlah penting untuk mengetahui atau belajar tentang akhir zaman.

 

Tanda-tanda akhir zaman

Banyak hal yang akan terjadi dimasa akhir zaman, dan Alkitab memaparkan beberapa peristiwa penting di dalamnya. Diantaranya:

- Kesengsaraan besar

Mengenai kesengsaraan besar sudah disampaikan oleh Tuhan Yesus dalam Matius 24:21, 29. Bahkan Rasul Yohanes sudah mencatatnya dalam Wahyu 7:14. Kesengsaraan besar yang menimpa bumi dan manusia berbeda dengan kesengsaraan atau penderitaan yang terjadi sebelumnya dan tidak akan terjadi lagi. Kesengsaraan besar ini juga dikaitkan dengan nubuat dalam Daniel 9:27.

- Terjadi perang, kelaparan, gempa bumi & penyakit sampar

Yesus menyebut perihal perang, kelaparan dan gempa bumi dalam khotbah-Nya mengenai akhir zaman yang ditulis dalam Matius 24:6-7 “Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.” Bahkan Injil Lukas 21:11 menyebutkan bahwa selain terjadi gempa bumi, akan terjadi juga penyakit sampar.

- Kedatangan antikris

Kata antikris hanya muncul dalam surat-surat rasul Yohanes, tetapi antikris juga disebutkan dalam bagian Alkitab lainnya dengan nama atau gelar yang berbeda. Seperti Kekejian yang membinasakan (Daniel 11:31), Manusia durhaka (2 Tesalonika 2:3), Binatang (Wahyu 13:5), dan Yesus menyebutnya dalam khotbah akhir zaman sebagai Pembinasa keji (Matius 24:15).

Para antikris akan menentang Kristus dan ajaranNya serta pengikutNya bahkan menyesatkan banyak orang. Namun 2 Tesalonika 2: 8-10 mengatakan bahwa antikris akan dikalahkan Yesus saat kedatangan-Nya yang kedua, dan akan dimasukan ke dalam neraka (Wahyu 20: 10).

BACA JUGA: #KataAlkitab - Kapan Hari Kiamat Tiba? Ini Tanda-tanda Akhir Zaman

- Adanya kristus palsu dan nabi palsu

Mesias atau kristus palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul di akhir zaman, dan mereka semua akan menyesatkan. Hal ini telah disampaikan dalam Matius 24:24, “Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.”

Selain peristiwa-peristiwa diatas, beberapa kejadian lainnya juga terjadi di akhir zaman nanti, seperti:

- Kedatangan Kristus yang kedua kalinya (Daniel 7:13-14).

- Kebangkitan orang percaya (1 Tesalonika 4:16-17).

- Adanya kerajaan seribu tahun (Wahyu 20)

- Kebangkitan, pengadilan dan hukuman bagi orang-orang yang tidak percaya (Wahyu 20:15-20)

- Hidup kekal bagi orang percaya (Daniel 12:13, Wahyu 21-22).

 

Vaksin dan Isu Microchip 666

 

Baca halaman selanjutnya -->

Vaksin dan Isu Microchip 666

Isu atau hoax terkait microchip 666 bukanlah perkara yang baru. Berawal dari studi eskatologi kristen atau ilmu yang berbicara tentang hal-hal yang bertalian dengan akhir zaman, maka isu ini merebak.

Wahyu 13:16-18 berbunyi, “Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya, dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya. Yang penting disini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.”

Ayat ini oleh sebagian teolog ditafsirkan sebagai ayat yang berhubungan dengan akhir zaman. Selain itu ayat ini juga dianggap sebagai cara yang digunakan oleh sosok yang dijuluki sebagai 'Antikris' untuk menguasai sistem perekonomian dunia dengan menanamkan chip pada tangan atau dahi pada manusia.

Umat yang percaya akan penafsiran ini menganggap vaksin di masa pandemi ini merupakan sarana paling tepat yang dapat digunakan untuk menggenapi ayat tersebut. Mereka percaya bahwa adanya microchip yang diintegrasikan di tiap vaksin yang disuntikkan pada manusia. Microchip itulah yang digunakan oleh sang 'penguasa' untuk mendeteksi dan mengendalikan kehidupan manusia di seluruh dunia. Tidak ada orang yang dapat melakukan transaksi apapun tanpa chip tersebut.

Penafsiran di atas tentu saja menimbulkan keresahan dan ketakutan di kalangan umat. Bahkan berujung kepada potensi penolakan untuk divaksin. Jika hal ini terjadi maka sangat miris dan disayangkan, terlebih dilihat dari niat baik pemerintah dalam mengendalikan dan menghentikan penyebaran virus corona.

Vaksinasi tidak ada kaitannya dengan akhir zaman. Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi.

Oleh karenanya, peran lembaga maupun organisasi kristen, serta anak Tuhan yang mengerti hal ini sangat diperlukan untuk mensosialisasikan vaksinasi sekaligus juga mengedukasi.

BACA JUGA: #FaktaAlkitab Akhir Zaman Terlihat Dari Lokasi Ini!

Puncak dari peristiwa penting akhir zaman ialah kedatangan Yesus Kristus yang kedua kalinya. Sekalipun kita tidak mengetahui waktu yang tepat kapan akhir zaman atau kapan Tuhan Yesus datang kembali, namun kita perlu memiliki sikap yang benar dalam menyambut kedatanganNya. Kedatangan Yesus kelak tidak terduga sebelumnya, maka berjaga-jaga merupakan hal yang sangat penting.

Seperti lima gadis bodoh dan lima gadis bijaksana dalam Matius 25:1-13. Gambaran gadis bodoh ialah mereka yang telah lama menanti kedatangan mempelai laki-laki namun pada saatnya tiba, mereka tidak siap menyambutnya karena pelita mereka tidak menyala. Sebaliknya lima gadis bijaksana yang mempersiapkan segala sesuatunya agar pelitanya tetap menyala dalam menyambut mempelai laki-laki.

Selain itu Tuhan tidak menginginkan kita menanti dengan pasif, namun aktif dengan melakukan segala tugas yang telah dipercayakan-Nya kepada kita. Untuk itulah Tuhan Yesus memberikan perumpamaan tentang hamba yang setia dan jahat pada Matius 24:45-51, dan perumpamaan dalam menggunakan talenta dalam Matius 25:14-30.

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami