Mau Sukses Jadi Karyawan Profesional di Tempat Kerja? Penuhi 3 Kualifikasi Ini Dulu…

Mau Sukses Jadi Karyawan Profesional di Tempat Kerja? Penuhi 3 Kualifikasi Ini Dulu…

Lori Official Writer
597

Selain ingin membahagiakan orang yang kita sayangi, kebanyakan dari kita memilih bekerja untuk mencapai tujuan hidup kita. Salah satunya adalah ingin menjadi sukses dan bisa menjadi berkat bagi banyak orang.

Kesuksesan memang tidak mudah diraih. Karena itu dibutuhkan proses untuk mau berkembang dan memenuhi kualifikasi untuk menjadi yang terbaik. 

Buat Anda yang bekerja sebagai karyawan, misalnya, pasti berharap bisa mencapai tujuan hidup Anda dari pekerjaan yang Anda geluti saat ini. Apapun itu, Anda berharap pekerjaan itu bukan hanya memberi Anda rasa nyaman dan kebahagiaan karena sesuai dengan panggilan hidup Anda. Tetapi Anda juga pasti berharap bisa menjadi versi terbaik Anda melalui pekerjaan tersebut.

Supaya Anda mencapai posisi terbaik Anda sebagai karyawan profesional, Anda perlu menuhi 3 kualifikasi ini:

1. Jadi Karyawan yang Inisiatif

Inisiatif adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu tanpa diberitahu terlebih dahulu. 

Ketika Anda menjadi seorang pemimpin perusahaan, Anda pasti memiliki inisiatif supaya perusahaan Anda bisa terus berjalan dengan baik.

Inisiatif juga biasanya akrab dengan solusi. Kadang orang yang berinisiatif bisa menemukan solusi dari setiap masalah. Begitu juga ketika Anda menjadi seorang karyawan atau pekerja profesional. Karyawan yang berinisiatif tinggi seringkali memiliki nilai yang lebih di mata atasannya.

Orang yang berinisiatif menciptakan peluang untuk dirinya sendiri, dialah yang menjadi pemenang. 

Sebagai karyawan, Anda bukan saja bekerja seperti seorang robot yang melakukan semua pekerjaan tanpa berpikir. Sebaliknya, Anda bisa melakukan dan berinisiatif melakukan sesuatu yang baik dan yang memberi nilai tambah untuk pekerjaan Anda, tanpa harus menunggu perintah untuk melakukannya.

Ketika ada rekan yang butuh bantuan, Anda bisa berinisiatif menawarkan bantuan semampu Anda. Atau ketika Anda salah Anda bisa berinisiatif untuk mengakui, meminta maaf dan memperbaiki diri.

Kemampuan dan skill memang adalah hal penting yang dibutuhkan saat bekerja. Tetapi semua itu akan jadi sia-sia ketika Anda tidak berinisiatif untuk memanfaatan dan memaksimalkannya.

 

Baca Juga: Jadi Karyawan atau Pengusaha, Anda Pilih yang Mana?

 

2. Jadi Karyawan yang Kreatif

Kreatif tidak selalu bicara tentang seni. Tetapi kreatif itu adalah ketika Anda bisa berpikir dengan cara yang berbeda dan bahkan ide yang Anda sampaikan tidak terpikir oleh siapapun sebelumnya.

Orang yang kreatif juga biasanya memiliki pemikiran yang terbuka. Sehingga mereka bisa dengan mudah beradaptasi di tengah berbagai keadaan.

Kreatif juga berarti inovatif. Maksudnya adalah Anda memiliki kemampuan untuk membuat sesuatu yang bukan saja baik tetapi berguna.

Misalnya, dalam memecahkan suatu masalah Anda bisa memacu kreativitas Anda untuk menemukan berbagai cara penyelesaiannya. Karena kalau Anda hanya melakukan hal yang sama dan cara yang sama secara terus menerus, bisa dijamin hasilnya akan sama. Tetapi jika Anda mencoba hal yang berbeda, kadang kala Anda mungkin akan menghabiskan waktu yang cukup panjang, tetapi hasilnya pasti akan berbeda.

Jadi, kreatif itu bukan saja hanya bisa mengeluarkan ide-ide yang keren. Tetapi menjadi kreatif juga berarti bisa merealisasikan ide itu menjadi sesuatu yang menunjukkan hasil.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com | Merry Riana
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami