Sejarah Kristen di Maluku, Awal Mula Kristen Masuk ke Indonesia
Sumber: jawaban.com

News / 23 August 2021

Kalangan Sendiri

Sejarah Kristen di Maluku, Awal Mula Kristen Masuk ke Indonesia

Claudia Jessica Official Writer
11276

Berdirinya gereja Protestan Maluku

Di kutip dari https://sinodegpm.org/, GPM berawal dari ibadah perdana Gereja Protestan Calvinis dari orang-orang Belanda, pegawai VOC, di Ambon pada tanggal 27 Februari 1605. Ketika itu namanya masih De Protestantsche Kerk in Nederlandsch-Indie, atau lebih dikenal dengan Indische Kerk.

Pada tahun 1619 kantor pusat Indische Kerk yang ada di Kota Ambon dipindahkan ke Batavia. Indische Kerk kemudian dikenal menjadi Gereja Protestan Indonesia atau disingkat dengan GPI.

GPM sendiri merupakan gereja tertua di Maluku. Gereja yang berdasar di Nusa Laut adalah salah satu gereja tertua di Indonesia, di kepulauan Maluku dan juga Lease yang dibangun pada tahun 1715-1719. Bukti arkeologis yang membuktikan hal tersebut adalah keberadaan prasasti di dinding. Gereja prasasti ini menghadapi jalan di sebelah pintu masuk ke arah timur. Prasasti ini masih dalam keadaan utuh dan berbentuk segitiga dengan motif ukiran bunga cengkeh.

Toleransi dan persatuan masyarakat Maluku merupakan sejarah panjang yang perlu dijaga. Hal-hal positif yang telah ditanamkan misionaris juga telah menjadi fondasi peradaban masyarakat Maluku. Walau Maluku pernah porak poranda oleh provokator tetap identitas Satu Gandong, Satu Hati, Satu Rasa dan Satu Darah harus terus lestari hingga beranak-cucu.

Kasih Kristus yang telah ditabur dari masa lampau, akan tetap tumbuh dan menyatukan masyarakat Maluku.

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami