Dari 12 Murid Yesus, Kamu Lebih Mirip Siapa Sih? Yuk Periksa di Sini…

Dari 12 Murid Yesus, Kamu Lebih Mirip Siapa Sih? Yuk Periksa di Sini…

Lori Official Writer
2656

4. Andreas

Andreas adalah saudara Petrus. Dia tinggal di Betsaida dan Kapernaum. Dia bekerja sebagai nelayan sebelum Yesus memanggilnya. 

Awalnya dia adalah murid Yohanes Pembaptis (Markus 1: 16-18). Andreas juga yang membawa Petrus kepada Yesus (Yohanes 1: 40). Dia adalah orang pertama yang mendapat gelar missionaris di dalam dan luar negeri. Dia diklaim oleh tiga negara sebagai Santa Pelindung di Rusia, Skotlandia dan Yunani.

Secara karakter, Andreas adalah pribadi yang mudah cemburu dan kesal. Tapi di sisi lain, dia sangat optimis dan mudah puas. Tujuan utama dalam hidupnya adalah membawa banyak jiwa kepada Kristus.

Menurut sejarahnya, Andreas meninggal sebagai martir. Saat istri Gubernur Aepeas sembuh dan masuk Kristen dan membawa saudara Eapeas percaya Kristus, sang gubernur menjadi marah dan menangkap Andreas. 

Sebagai hukuman, Andreas meminta untuk disalib berbentuk X. 

5. Bartolomeus

Bartolomeus atau dikenal juga dengan Natanael adalah putra dari Talmai. Dia tinggal di Kana, Galilea. 

Menurut sejarahnya, Bartolomeus menjadi seorang misionaris di Armenia. 

Nama Bartolomeus muncul di setipa daftar tulisan Perjanjian Baru dari Matius, Markus, Lukas dan Kisah Para Rasul. Natanael adalah nama depannya, dimana Yesus mengartikannya sebagai orang Israel yang tidak memiliki niat tipu muslihat (Yohanes 1: 47).

Bartolomeus dikenal sebagai pencari kitab suci yang hebat dan seorang sarjana hukum dan nabi. Dia juga dikenal sebagai misionaris yang paling suka berpetualang. Dia berkhotbah dari Filipus, Hierapolis, Armenia dan India. Di India, dia meninggal martir dengan kondisi yang sangat mengerikan.

6. Yakobus Anak Alfeus

Yakobus anak Alfeus adalah saudara dari Tadeus. Dia adalah murid yang paling tidak banyak disorot. 

Tapi dia adalah seorang pria berkarakter kuat dan memiliki semangat yang berapi-api. Dia juga meninggal sebagai martir.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab - Kisah Tentang Murid-murid Tuhan Yesus - Yakobus Anak Alfeus

 

7. Yudas Iskariot

Yudas Iskariot adalah anak Simon yang tinggal di Keriot, Yehuda. Dia mengkhianati Yesus untuk tiga puluh keeping perak dan setelah itu mati gantung diri (Matius 26: 14, 16).

Pengkhianatan Yudas menjadi teka-teki dalam Alkitab karena bagaimana mungkin orang yang begitu dekat dengan Yesus bisa melakukannya. 

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus,Yudas Iskariot Sang Pengkhianat

 

Selama bersama Yesus, dia mengambil posisi sebagai bendahara dan memiliki karakter kepemimpinan yang blak-blakan.

Sebelum mengikut Yesus, Yudas adalah seorang nasionalis Yahudi yang kejam. Dengan mengikut Yesus dia berharap mimpi nasionalistisnya bisa terwujud. Namun pada akhinya ketamakannya muncul dan Yudas menjual Yesus untuk kepentingannya sendiri. 

8. Tadeus atau Yudas

Tadeus adalah saudara dari Yakobus anak Alfeus. Dia adalah salah satu rasul yang tidak terlalu terkenal disbanding yang lainnya.

Dia juga adalah seorang nasionalis garis keras yang menginginkan kekuasaan ada di tangan rakyat. 

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab - Kisah Tentang Murid-murid Tuhan Yesus - Yudas Tadeus

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1234Tampilkan Semua

Ikuti Kami