#FaktaAlkitab: Tokoh Alkitab Penderita Penyakit yang Hanya Bisa Disembuhkan Oleh Tuhan
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 2 August 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Tokoh Alkitab Penderita Penyakit yang Hanya Bisa Disembuhkan Oleh Tuhan

Claudia Jessica Official Writer
13295

Tahukah Anda bahwa Tuhan sudah menjanjikan kesembuhan kepada kita? Hal ini tertulis jelas dalam 2 Raja-raja 20:5 dan Yakobus 5:14-15 bahwa kesembuhan pasti akan terjadi selama kita beriman. Apakah Anda percaya?

Ada beberapa tokoh Alkitab yang menderita suatu penyakit yang tampaknya mustahil untuk disembuhkan namun, Tuhan dengan ajaib dapat menyembuhkannya.

 

Naaman, sakit kusta

Naaman adalah seorang panglima pasukan dari Ben-Hadad, raja Damsyik. Riwayatnya diceritakan dalam 2 Raja-raja 5. Naaman adalah seorang terpandang di hadapan tuannya dan sangat disayangi. Tetapi Naaman menderita sakit kusta pada waktu itu.

Pada saat itu penyakit kusta belum ada memiliki penawar atau obat, sehingga disebut sebagai penyakit yang berbahaya dan mematikan.

Dalam Alkitab, penyakit kusta bukan sebuah persoalan medis, melainkan persoalan teologis di mana kusta dianggap sebagai sebuah penyakit kutukan atau tanda bahwa seseorang tidak berkenan atau dihukum Allah.

Bahkan para tabib terkenal pada saat itu pun tidak pernah berupaya untuk menemukan obat bagi sakit kusta karena mereka percaya bahwa, bagaimana pun sakit ini tidak bisa disembuhkan. Hanya Allah saja yang bisa menyembuhkan sakit ini.

Pada masa itu, kusta adalah penyakit yang sangat mengerikan dan membuat pengidapnya sangat menderita. Penyakit kusta dapat menjangkit bagian manapun dari tubuh manusia. Di kalangan orang Ibrani, penyakit ini dianggap najis dan berbahaya karena dapat menular. Oleh karenanya, seorang penderita kusta harus diasingkan dari masyarakat (Imamat 13:45-46).

Naaman yang menderita penyakit kusta mendatangi nabi Tuhan yang bernama Elisa, di Israel. Lalu Elisa menyuruh Naaman pergi ke sungai Yordan untuk memulai sesi terapi berendam tujuh kali. Naaman melakukan apa yang diperintahkan dan mengalami kesembuhan. Setelah tahir dari penyakit kusta, Naaman mengakui bahwa Allah Israel adalah satu-satunya Allah yang benar (2 Raja-raja 5:15).

Penyakit kusta yang berbahaya ini, kerap muncul juga di zaman pelayanan Yesus, dimana Yesus sanggup menyembuhkan mereka. (Matius 8:1-4, Lukas 17:11-19)

 

Yesus menyembuhkan perempuan yang sakit pendarahan 12 tahun

Peristiwa kesembuhan perempuan yang mengalami pendarahan selama 12 tahun dicatat dalam Lukas 8:43-48. Dalam pandangannya seorang tabib, Lukas menggambarkan bahwa penyakit perempuan ini tidak dapat disembuhkan, dan diluar dari kemampuan tabib.

Perempuan ini telah menguras tenaga dan menghabiskan uangnya untuk berobat namun tidak ada yang berhasil menyembuhkannya. (Lukas 8:43)

BACA JUGA: Kesembuhan Ada di Tangan Tuhan, Lakukan Ini Untuk Mengalaminya

Sifat penyakitnya itu membuatnya tidak bebas mengeluhkannya di depan umum. Sebagai perempuan, ia malu kalau membicarakan penyakitnya itu. Oleh sebab itu ia menggunakan kesempatan untuk mendekati Yesus di tengah orang banyak. Menurut pendapatnya, semakin banyak orang yang mengerumuni-Nya, semakin mudah ia dapat melakukannya tanpa ketahuan.

Imannya sangat kuat, sebab ia tidak ragu bahwa hanya dengan menjamah jubah-Nya, ia akan memperoleh kuasa kesembuhan yang membebaskannya dari derita. Perempuan itu menganggap Kristus sebagai sumber belas kasihan.

Setelah menyentuh jubah Yesus, perempuan itu langsung merasakan perubahan dalam dirinya dan sembuh dari  penyakitnya (Lukas 8:44). Kesembuhan yang terjadi secara diam-diam itu pun ketahuan, dan membawa kemuliaan baik bagi Sang Penyembuh, maupun yang disembuhkan.

 

Yesus menyembuhkan seorang yang kerasukan selama 18 tahun

 

Baca halaman selanjutnya -->

Yesus menyembuhkan seorang yang kerasukan selama 18 tahun

Kesembuhan terhadap perempuan yang kerasukan selama 18 tahun ini ditulis dalam Lukas 13:10-13. Ketika itu, Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat. Di situ ada seorang perempuan yang sudah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga membuat punggungnya bungkuk dan tidak dapat berdiri dengan sempurna.

Kuasa jahat terkadang dimanifestasikan dalam perilaku bengis (Kisah Para Rasul 8) atau dengan melumpuhkan suatu anggota tubuh korban (Kisah Para Rasul 11).

Karena sudah lama bungkuk dan tidak berdiri dengan tegak setelah sekian lama, tubuhnya menjadi sangat rusak dan membuatnya tampak hina. Penyakit itu tidak dapat disembuhkan lagi. Tak hanya sampai di situ, penyakit ini membuatnya merasa sangat sakit ketika bergerak. Kendati demikian, perempuan ini tetap pergi ke rumah ibadat pada hari Sabat.

Ketika Yesus melihat perempuan itu, Ia memanggil dia dan berkata kepadanya: "Hai ibu, penyakitmu telah sembuh." (Lukas 13:12). Lalu Yesus meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu, dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu dengan sempurna, dan memuliakan Allah.

BACA JUGA: Apa Kata Alkitab Tentang Penyakit dan Kesembuhan?

Itulah beberapa orang yang sakit parah, menderita, bahkan hampir mati karena penyakitnya, namun memperoleh kesembuhan dari Tuhan dan pulih dari penderitaannya. Manusia tidak menginginkan dirinya terkena penyakit. Namun penyakit bisa datang kepada siapa saja.

Ada beberapa jenis penyakit yang menyerang manusia, seperti penyakit fisik dan penyakit jiwa. Penyakit-penyakit ini dapat dipahami dalam dunia modern dan kedokteran.

 

Sementara itu menurut Alkitab masih ada beberapa penyebab timbulnya sebuah penyakit. Seperti adanya dosa (Imamat 26:14-16), karena iblis (Ayub 2:6-7), bisa juga akibat hukuman atau teguran Tuhan.

Tidak jarang penyakit itu timbul untuk mendidik penderitanya serta untuk kemuliaan Tuhan (2 Korintus 12:7-12).

Datanglah kepada Tuhan, dan berharaplah kesembuhan dari pada-Nya. Apapun sakit penyakit yang kita alami, maka tetaplah percaya kepada Tuhan, dan jangan ragukan kuasaNya.

 

Apakah kamu merasa diberkati dengan artikel ini? Bagikan artikel ini agar lebih banyak orang yang merasa terberkati. Dukung kami untuk terus memproduksi konten yang dapat memberkati banyak orang dengan donasi. Berapapun yang kamu berikan, akan sangat membantu jawaban.com untuk terus beroperasi. Donasi di sini.

Jika kamu ingin menonton video fakta Alkitab lainnya, kunjungi YouTube Jawaban! Klik di sini.

Sumber : jawaban channel
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami