#FaktaAlkitab: Banyak Keturunan Ismael Percaya Yesus?

#FaktaAlkitab: Banyak Keturunan Ismael Percaya Yesus?

Lori Official Writer
539

Ismael, anak  sulung Abraham  yang diusir bersama ibunya. Mendapat janji dari Allah bahwa dia akan menjadi orang yang sukses kelak. 

Lalu bagaimana Ismael memperoleh janji itu setelah pengusiran yang dilakukan oleh Sara?

 

Kelahiran Ismael

Abraham dan istrinya Sara, sudah 10 tahun tinggal di Kanaan namun keduanya belum dikaruniai anak. Saat itu Abraham sudah berusia 85 tahun, sedangkan Sara 76 tahun.  

Karena lama tidak punya anak maka Sara, memberikan pelayannya bernama Hagar, dari Mesir kepada Abraham untuk dijadikan istri atau selirnya. 

Menurut adat di Mesopotamia waktu itu, biasanya seorang istri yang tidak memiliki anak akan memberikan pelayannya tidur dengan sang suami dan saat anak hasil hubungan suami dan selirnya itu lahir maka anak tersebut akan dianggap sebagai anak sang istri.

Lalu Hagar melahirkan seorang putra saat Abraham berusia 86 tahun dan anak itu dinamai Ismael (Kejadian 16:15-16). Nama Ismael dalam bahasa ibrani disebut Yishma'el (יִשְׁמָעֵאל), yang memiliki arti "didengar oleh Allah". Nama Ismael pertama kali muncul dalam Kejadian 16:11. 

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Abraham, Bapak Orang Israel

 

Janji Allah Kepada Ismael

Allah menjanjikan Abraham menjadi bapa sejumlah bangsa besar, menganugerahi anak cucu yang banyak, dan akan muncul raja-raja dari keturunannya. Allah juga menjanjikan Abraham dan keturunannya dengan memberikan tanah Kanaan. Di kemudian hari, perjanjian ini tergenapi lewat Ishak.

Meskipun Allah memilih Ishak, tetapi Allah juga memberkati dan menyertai Ismael. Alkitab menulis janji Tuhan kepada Ismael, seperti tertulis dalam Kejadian 17:20, TUHAN berkata Abraham, “Tentang Ismael, Aku (TUHAN) telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.” 

Lalu Kejadian 21:13, “Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena ia pun anakmu.”

Meskipun menerima janji berkat dari Tuhan, namun Ismael bukanlah anak perjanjian (Kejadian 17:18-21, dan Galatia 4:21-31).

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami