#FaktaAlkitab: Banyak Keturunan Ismael Percaya Yesus?
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 18 July 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Banyak Keturunan Ismael Percaya Yesus?

Lori Official Writer
5480

Kehidupan Ismael 

Ketika Ismael berusia 13 tahun, dia disunat bersama-sama dengan semua pria di rumah Abraham sebagai bagian tanda perjanjian antara Allah dengan Abraham dan keturunannya. 

Di Kejadian 21: 8-21 disampaikan bahwa Abraham mengusir Hagar dan Ismael. Penyebabnya adalah karena kecemburuan Sara, dan bukan karena kesombongan Hagar. Sara khawatir kalau warisan yang seharusnya didapatkan secara penuh oleh Ishak juga diterima Ismael.

Abraham pun memenuhi permintaan Sara setelah ia meminta petunjuk dari Allah. Meskipun Allah mengizinkan Abraham melakukan tindakan tersebut, Dia tetap menjamin masa depan yang baik bagi Ismael, yaitu ia akan menjadi bapa dari bangsa yang besar (Kej. 21:12-13).

Meski diusir dari rumah Abraham dan terbuang, namun Allah tetap menyertai kehidupan Ismael dan Ibunya. Mereka lalu menetap di padang gurun Paran, dekat dengan pegunungan Sinai, dan Ismael menikah dengan perempuan Mesir.

Disana Ismael bekerja sebagai seorang pemburu atau pemanah (Kejadian 21:20). Apa yang dilakukan Ismael menunjukkan bahwa keterampilan adalah keunggulan Ismael dan berburu adalah pekerjaannya. Sama seperti Esau yang ditolak juga merupakan seorang pemburu yang cakap.

 

Keturunan Ismael 

Ismael wafat diusianya yang ke-137 tahun (Kejadian 25:17). Dalam hidupnya, Ismael mempunyai 12 putra yang kemudian menjadi 12 orang raja, masing-masing dengan sukunya mendiami daerah dari Hawila sampai Syur, yang letaknya di sebelah timur Mesir ke arah Asyur. Mereka menetap berhadapan dengan semua saudara mereka. 

Nama putra-putra Ismael, disebutkan menurut urutan lahirnya sesuai dengan Kejadian 25:12-15, yaitu Nebayot yang sulung, Kedar, Adbeel, Mibsam, Misyma, Duma, Masa, Hadad, Tema, Yetur, Nafish, dan Kedma. Selain itu Ismael juga memiliki seorang putri bernama Mahalat atau Basmat yang kemudian menjadi istri Esau anak Ishak (Kejadian 28:9, 36:3).

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab - Ishak, Nenek Moyang Bangsa Israel yang Dikorbankan Oleh Bapaknya, Abraham

 

Keturunan Ismael dan Keturunan Ishak

Meski ada banyak kalangan yang menafsirkan Ishak dan Ismael di kemudian hari menjadi seteru. Namun rupanya penafsiran itu tidak benar, sebab kedua saudara itu sama-sama memakamkan ayah mereka, Abraham. Dalam budaya Yahudi itu merupakan tanda keakraban saudara sedarah.

Abraham meninggal saat berusia 175 tahun. Baik Ishak yang saat itu berusia 75 tahun, dan Ismael 89 tahun, keduanya turut menguburkan ayah mereka di Gua Makhpela yang dibeli dari seorang Bani Het bernama Efron bin Zohar, letaknya di sebelah timur Mamre, dekat Hebron (Kejadian 25:9-10).

Selanjutnya tidak ada perseteruan antara keturunan Ishak dan keturunan Ismael di kemudian hari. Alkitab mencatat bahwa ada seorang keturunan dari Ismael menjadi panglima pasukan Daud (2 Samuel 17:24-25), dan seorang lagi menjadi kepala pengawas unta-unta keluarga raja Daud (1 Tawarikh 27:30). 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami