Nila-nilai Dasar untuk Hidup Benar

Nila-nilai Dasar untuk Hidup Benar

Claudia Jessica Official Writer
      781

Mazmur 25: 3-5

Ya, semua orang yang menantikan Engkau takkan mendapat malu; yang mendapat malu ialah mereka yang berbuat khianat dengan tidak ada alasannya. Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, tunjukkanlah itu kepadaku. Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan aku, Engkau kunanti-nantikan sepanjang hari

 

Bacaan Alkitab setahun: Amsal 29; Kolose 2; 2 Tawarikh 16-17

Menunggu waktu Tuhan artinya bukan berlaku pasif atau menganggur. Namun, dibutuhkan kedisiplinan dan komitmen. Saya pikir, ada empat persyaratan dasar untuk penantian yang menghasilkan buah.

Iman. Cara dan waktu Tuhan tidak sama seperti kita (Yes 55: 8-9). Dari sudut pandang manusia, biasanya Tuhan melakukan sesuatu dengan cara yang jauh berbeda dari apa yang dibayangkan. Namun ketika kita lebih percaya kepada-Nya, kita akan menemukan bahwa cara-Nya tidak begitu aneh. Dan ketika hidup selaras dengan kehendak Tuhan, waktu-Nya mulai masuk akal.

Kerendahan hati. Untuk menantikan Tuhan, kita harus yakin terhadap kebutuhan kita akan Dia. Tunduk pada kehendak ilahi-Nya membutuhkan kerendahan hati. Kita tidak dapat maju dengan rencana kita sendiri dan berserah sepenuhnya kepada Tuhan pada saat yang sama.

Kesabaran. Apakah Anda bersedia tetap dalam posisi saat ini sampai tiba waktunya dimana Anda menerima arahan ilahi-Nya yang jelas? Berhenti sejenak untuk mendapatkan kejelasan dari Tuhan tidak berarti Anda melepaskan diri dan membiarkan keadaan di sekitar Anda berantakan. Menunggu Tuhan adalah keputusan yang dibuat dengan sadar dan membutuhkan kesabaran.

Keberanian. Menunggu Tuhan seringkali membutuhkan keberanian, terutama Ketika ada tekanan untuk bertindak. Jika tidak hati-hati, Anda mungkin akan berhenti mendengarkan Tuhan dan mengikuti nasihat lain. Jadi, jagalah telinga Anda tetap selaras dengan suara Tuhan Yang Mahakuasa, dan Anda tidak akan melangkah ke arah yang salah.

Menunggu Tuhan adalah keputusan yang paling bijaksana dan paling penting dalam hidup. Sering kali kita harus menghadapi pertentangan dengan asumsi populer. Ini adalah upaya yang membutuhkan iman, kerendahan hati, kesabaran, dan keberanian. Ketika Anda mengandalkan Tuhan dan menunggu waktu-Nya, karunia-Nya akan terjadi dalam berbagai aspek kehidupan.

 

Hak cipta oleh In Touch Ministries. Disadurkan dari crosswalk.com.

 

BACA JUGA: Berani Hidup Benar Meski yang Lain Memilih Dikuasai Dosa

Ikuti Kami