Waspada! Informasi Soal Literasi Virus Corona Ini Ternyata Keliru Lho
Sumber: Google.com

Health / 23 June 2021

Kalangan Sendiri

Waspada! Informasi Soal Literasi Virus Corona Ini Ternyata Keliru Lho

Lori Official Writer
3926

drh Moh. Indro Cahyono. Dia sendiri menyampaikan bahwa pesan tersebut seolah-olah memberikan pesan positif padahal isinya sangat menyesatkan.

Drh Indro pun memberikan revisi terhadap setiap poin dalam informasi tersebut.

1. Virus (termasuk COVID-19) hanya bisa bertahan hidup di media yang gelap, basah, dan dingin. Dia tidak bisa bertahan hidup lama tanpa perantara media tersebut. Jika misalnya ada orang yang sudah terinfeksi mengeluarkan droplet (cairan lendir atau ludah), lalu kena di baju, kain, atau meja, maka dia tetap hidup selama droplet itu belum mengering. Jika baju dicuci atau setidak-tidaknya mengering sendiri karena pengaruh lingkungan, misalnya karena panas atau disinfektan, maka virusnya akan mati. Begitu pun di meja, kursi, lantai, karpet, dan sejenisnya. Jika sudah mengering, ya sudah virusnya akan mati.

2. Virus ini tidak bisa hidup di udara. Dia hanya bisa hidup di droplet dan kemudian jatuh ke bawah. Semua jenis virus, mau virus flu, atau virus lain, sifatnya sama. Bagaimana dengan berjabat tangan? Sama seperti penjelasan nomor satu. Walau tangan ini termasuk bagian hidup, tapi selama droplet-nya kering, dibersihkan dengan sabun atau hand sanitizer, maka virus pun akan hacur. Karena virus hanya bisa masuk lewat dua jalur, yakni hidung, dan mulut. Maka, jika selesai berjabat tangan, dianjurkan membasuhnya dengan sabun atau hand sanitizer.

3. Virus bisa dinetralkan oleh antibodi dari dalam tubuh dan antibodi bisa dinaikan produksinya dengan konsumsi vitamin E dan C. Budayakan untuk mengkonsumsi vitamin E (brokoli, kelor) dan vitamin C (jeruk, mangga, dan lain-lain) selama masa wabah COVID-19.

4. Yang terinfeksi atau dinyatakan positif berpeluang sembuh. Jika memiliki riwayat penyakit bawaan seperti paru, TB, hippertensi, asma, kanker, dan tumor, sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

 

Baca Juga: Tetap Waspada dan Berdoa Ya, Varian Virus Baru Ini Sudah Masuk Indonesia Lho!

 

5. Bagi manusia yang ketahanan tubuhnya normal dan kemudian dinyatakan positif, dapat melakukan treatment (perlakuan) mandiri di rumah dengan cukup beristirahat, konsumsi vitamin E dan C dan madu. Karena dengan asupan vitamin yang bagus, maka produksi antibodi bisa meningkat 2-3 kali lipat dari standard. Antibodi pada hari ke-7 akan diprodukai tubuh untuk menetralkan virus dan mencapai puncaknya pada hari 14. Jangan panik dan stress karena stress akan menekan siatem kekebalan kita. RS sebaiknya dikhususkan untuk kelompok risiko tinggi (lansia, pasien dengan komplikasi penyakit dan gangguan pernafasan kronis) sehingga RS tidak terlalu penuh dan membuat para pejuang kesehatan menjadi kerepotan dan kelelahan.

6. Jangan stres dan panik. Karena, jika stres dan panik, memicu reaksi psikosomatis yang berakibat pada menurunnya produksi antibodi dari dalam tubuh.

7. Virus tidak bisa bertahan hidup di tempat kering, terang, dan panas. Jika dicurigai ada droplet di perabot rumah, maka cukup dibersihkan saja dengan disinfektan atau cairan pembersih.

8. Pasien yang terinfeksi berpeluang sembuh dalam 14 hari. Jika rajin mengkonsumsi vitamin E dan C dan cukup istirahat.

9. Manusia yang sudah pernah terinfeksi dan sembuh masih bisa terkena infeksi ulangan dari lapang. Tapi sel memori tubuh akan mengeluarkan antibodi lebih cepat (bukan 7 hari seperti infeksi pertama), tapi langsung keluar dalam waktu 1 hari (24 jam).

Indro menyampaikan bahwa pesan yang sebelumnya beredar sebenarnya berisi beberapa fakta kebenaran. Namun menjadi keliru ketika beberapa hal dipelintir dan menimbulkan polemik.

 

Baca Juga: Di Tengah Pandemik COVID-19, Kamu Harus Menaikkan Sistem Kekebalan Tubuh Secara Alami

 

Nah, buat kamu yang sebelumnya menerima pesan salah seperti versi pertama di atas bisa cobalah untuk tidak menyebarluaskannya kepada masyarakat. Pastikan kamu membagka informasi sesuai dengan poin yang disampaikan oleh drh. Indro di atas.

Dan buat kamu yang sedang berjuang sembuh dari Covid-19 di masa-masa ini, tetap semangat, jangan panik dan stress. Percayakan hidupmu kepada Tuhan. Karena Dia sanggup melakukan segala perkara dalam hidupmu. 

Mari perkatakan juga Mazmur 91 atas hidupmu setiap hari, sebagai sumber perlindungan dan kekuatan dalam menjalani masa-masa ini.

 

STAY SAFE. STAY HEALTHY AND GOD BLESS YOU.

Sumber : Jawaban
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami