#FaktaAlkitab: Terbongkar! Rupanya Lokasi Ini Jadi Tempat Yesus Naik Ke Surga
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 26 May 2022

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Terbongkar! Rupanya Lokasi Ini Jadi Tempat Yesus Naik Ke Surga

Lori Official Writer
10763

Menurut kamu lokasi tempat Yesus naik ke surga terletak dimana ya? Apakah di Golgota, Bukit Zaitun, atau di Samaria?

 

Sejarah

Setelah bangkit, Yesus menunjukkan diri-Nya kepada para murid, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan bahwa Ia hidup. Yesus berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah. Kemudian di depan murid-muridNya Yesus Kristus terangkat naik ke langit dan kemudian hilang dari pandangan setelah tertutup awan. tercatat dalam Markus 16:19, Lukas 24:51 dan Kis. 1:9. 

Kronologis kenaikan Yesus ke sorga terjadi sesudah empat puluh hari pasca kebangkitan-Nya dan sepuluh hari sebelum dicurahkannya Roh Kudus kepada para rasul di Yerusalem, yang dikenal dengan hari Pentakosta.

 

Pesan Terakhir Sebelum Yesus Terangkat

Seperti yang tertulis dalam injil Markus, sebelum terangkat ke surga Yesus memberikan mandat kepada murid-murid-Nya untuk memberitakan injil ke seluruh mahluk. Yesus dengan terang memberi kuasa dan mandat kepada murid-murid-Nya untuk mengerjakan hal itu. Ia menjamin bahwa setiap orang yang akan mendengar, mengaku percaya dan mau dibaptis akan selamat (Markus 16: 15-16). 

Ketika Yesus terangkat ke surga, murid-murid mengamatinya dengan cermat dan tiba-tiba munculah dua malaikat yang menyampaikan kepada mereka pesan dari Allah bahwa Yesus yang terangkat ke sorga akan kembali dengan cara yang sama seperti yang murid lihat saat Ia naik (Kis. 1:10-11). Hal ini juga sesuai dengan yang disampaikan Yesus dalam Yohanes 14:1-3.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Dimanakah Lokasi Taman Eden yang Sebenarnya?

 

Yesus Terangkat pada Siang Hari

Kisah Para Rasul 1:9 berkata, “Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.” 

Apabila Yesus terangkat pada malam hari, tentu awan tidak akan terlihat dengan jelas, sehingga penceritaan kenaikan Yesus di Kisah Para Rasul pasti tidak sedetail itu, di mana disebutkan “awan menutup pandangan mereka”

Dari informasi ini, kita bisa perhatikan bahwa peristiwa kenaikan Yesus ke sorga terjadi pada siang hari, di mana semua orang bisa melihat peristiwa tersebut, sehingga tingkat kesilapannya sangat rendah. 

Apabila peristiwa tersebut terjadi pada malam hari, maka hal itu akan menyulitkan para saksi mata untuk memberi kesaksian karena minimnya pencahayaan. 

 

Lokasi Kenaikan Yesus 

Kisah Para Rasul 1:12 mencatat, “Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.” 

 

Baca Juga: Disebut Bukit Tengkorak, Golgota Juga Calvary, Ini Fakta Alkitab Soal Tempat Yesus Disalib

 

Di sana dicatat bahwa ketika Yesus terangkat ke sorga, kejadian tersebut terjadi di sebuah bukit yang dinamakan Bukit Zaitun, yaitu sebuah bukit yang jaraknya tidak jauh dari Yerusalem. 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sementara itu Tafsiran Alkitab Wycliffe, menyatakan bahwa Bukit Zaitun terletak sejauh sekitar tiga ribu kaki di sebelah timur Yerusalem. Jarak ini merupakan jarak yang diperbolehkan bagi orang Yahudi untuk berjalan pada hari Sabat tanpa melanggar ketetapan tentang perhentian Sabat.

Lukas 24:50-51 juga mencatat lokasi kenaikan Yesus ke sorga, “Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga.”

Dari dua bagian Alkitab ini telah dinyatakan lokasi kenaikan Yesus ke sorga yakni di sebuah bukit di luar kota Yerusalem, dekat dengan kota Betania. Apabila kita memperhatikan letak geografis kota Yerusalem dan kota Betania, maka kita akan melihat bahwa ada sebuah perbukitan yang membatasi kedua kota itu, dan perbukitan itu dinamakan bukit Zaitun.

 

Baca Juga: Fakta Alkitab Bukit Zaitun. Tempat Favorit Tuhan Yesus

 

Kapel Kenaikan Yesus, Lokasi Yesus Terangkat

Pada tahun 376 di tempat kenaikan Yesus ke surga dibangun sebuah rotunda atau bangunan dengan bentuk melingkar, dan terkadang ditutupi oleh kubah, yang pada tahun 438 ditambahkan sebuah oratorium dan biara pria. Kemudian, pada masa perang salib, para pejuang mendirikan sebuah gereja. 

Kini tempat tersebut dinamai Kapel Kenaikan Yesus atau Gereja Kenaikan, yang diyakini sebagai tempat di mana Yesus terangkat naik ke sorga. Di dalamnya terdapat sebuah batu yang menurut legenda diinjak Yesus dan meninggalkan jejak kaki sebelum naik ke surga.

Pada bagian selatan bukit, terdapat kuburan Yahudi yang digali di dalam batu. Namun sekarang telah menjadi sebuah desa. Selain itu, makam yang dianggap milik Nabi Zakharia dan Absalom anak Daud juga masih ada di Bukit Zaitun. Pada lereng atas, terdapat pula makam Nabi Hagai dan Maleakhi. 

Di bagian lainnya di Bukit Zaitun berdiri Gereja Pater Noster atau Gereja Doa Bapa Kami. Salah satu yang menjadi hal menarik di gereja ini adalah terdapat keramik yang berisikan Doa Bapa Kami dalam berbagai bahasa dari seluruh dunia, termasuk bahasa Indonesia, dan beberapa bahasa daerah Indonesia, mulai dari Batak, Palembang, Sunda, Toraja, dan Papua.

Apakah kamu diberkati dengan konten-konten Fakta Alkitab kami? Yuk saksikan video lainnya di Jawaban Channel Youtube. Bagikan juga kepada gereja atau rekan pelayanan kamu supaya mereka juga ikut diberkati.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami