Memutuskan Rantai Ketakutan dalam Hidup

Memutuskan Rantai Ketakutan dalam Hidup

Claudia Jessica Official Writer
      1103

Keluaran 14: 13

“Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu”

 

Bacaan Alkitab setahun: Amsal 5; Yohanes 15; 1 Tawarikh 23-24

Ketakutan adalah suatu hal yang pernah dialami oleh semua orang. Mungkin banyak orang memakai kaos atau topi yang bertuliskan “NO FEAR” (red: tidak takut), namun kenyataannya adalah kira semua berjuang dengan rasa takut.

Bagi banyak orang, rasa takut menjadi kekuatan yang melumpuhkan mereka sehingga tidak dapat menyadari potensi yang dimiliki. Hal ini membuat mereka menjadi tidak seperti yang Tuhan inginkan dan membuat mereka melangkah keluar dari janji-janji Tuhan yang telah menanti mereka.

Apakah kamu adalah salah satunya? Mungkinkah ketakutan menguasai dirimu? Seperti takut akan masa depan, takut gagal, dan takut akan hal lainnya. Inilah saatnya untuk memutuskan semua rantai ketakutan dalam hidupmu!

Kehendak Tuhan adalah agar manusia menjalani kehidupan dengan kemenangan atas ketakutan. Alkitab mengatakan, Tuhan tidak memberi kita roh ketakutan, melainkan kekuatan, kasih, dan ketertiban (2 Tim. 1: 7). Apa yang bisa kita lakukan untuk mengalahkan rasa takut? Keluaran 14 tentang Israel, Firaun, dan Laut Merah;

1. Tuhan punya rencana. Israel diliputi oleh ketakutan dan kekhawatiran ketika Firaun dan pasukannya yang haus akan darah berada di belakang merah, dan Laut Merah di depan mereka. Tidak ada tempat untuk pergi. Namun, Tuhan telah memimpin mereka ke tempat berada saat itu. Tidak, Tuhan membawa mereka ke sana bukan untuk dibantai, namun untuk membawa keajaiban dan pembebasan besar yang akan dibicarakan selama ribuan tahun. Ketika Anda merasa ketakutan, ingatlah bahwa Tuhan tahu apa yang Dia lakukan. Kita tidak bisa mengetahui apa yang Tuhan rencanakan untuk kita, oleh karena itu percayalah kepada-Nya!

2. Tetaplah menatap Tuhan. Tuhan memimpin Israel baik siang dan malam. Dia bersama dengan mereka selama 24 jam dalam 7 hari. Israel memiliki pilihan ketika mereka melihat tentara Firaun, atau mereka bisa memilih untuk fokus pada Tuhan. Ingat! Fokus pada masalah selalu mendatangkan ketakutan, namun fokus pada Tuhan selalu menghasilkan iman. Apa yang menjadi fokusmu hari ini?

3. Ambil langkah iman. Tuhan menyuruh orang-orang Israel untuk menuju lautan (Kel. 14: 15). Dia menyuruh Musa untuk merentangkan tongkatnya di atas laut.

Saat mereka melakukan bagian mereka (patuh perintah Tuhan), Tuhan melakukan bagian-Nya (mujizat besar). Orang Israel yang ketakutan begitu yakin bahwa mereka akan mati di tangan Firaun. Namun Tuhan memiliki rencana lain. Dia membawa pembebasan tersebar dari Perjanjian Lama di tengah-tengah keadaan terburuk. Dan Dia melakukannya sebagai tanggapan atas langkah iman sederhana umat-Nya, “Majulah, dan ulurkan tongkatmu.”

Bagaimana denganmu?

Kesulitan apa yang membuatmu takut? Apakah kamu berada di antara batu dan tempat yang sulit dengan keuanganmu, atau mungkin pernikahanmu, atau karir, kesehatan, keluarga, atau mungkin masa depanmu?

Tuhan melakukan pekerjaan terbaikNya dalam keadaan terburuk sekalipun. Tetaplah pandang Dia. Ketahuilah bahwa dia lebih dari mampu untuk mengatasi situasi yang Anda hadapi. Percayalah kepadaNya dan patuhi perintahNya sekalipun terdengar “gila”.

Yakinlah bahwa Tuhan menghormati mereka yang cukup percaya kepada-Nya untuk melangkah dengan iman. Dia setia dan penuh kuasa, Dia memiliki mukjizat untuk Anda karena Anda mempercayai-Nya dan melakukannya dengan cara-Nya.

Hanya Tuhan yang mampu mematahkan segala ketakutan yang Anda alami.

 

Hak cipta oleh Pastor Jeff Schreve, disadurkan dari crosswalk.com.


Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terbubung dengan Tim doa kami http://bit.ly/InginDidoakan

Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling. http://bit.ly/inginKonseling

Ikuti Kami