Semua Orang Punya Karunia Rohani, Yuk Temukan Karuniamu Dari 9 Daftar Berikut…
Sumber: M3 University

Kata Alkitab / 28 May 2021

Kalangan Sendiri

Semua Orang Punya Karunia Rohani, Yuk Temukan Karuniamu Dari 9 Daftar Berikut…

Lori Official Writer
4880

Alkitab menulis dengan sangat jelas kalau Tuhan mengaruniakan karunia rohani ke semua orang. Karena itulah Tuhan mau kita menemukan karunia itu dan memakainya untuk menyatakan kemuliaan Tuhan di dunia. 

 

Cara Menemukan Karunia Rohani

Gak dipungkiri bahkan ada banyak orang percaya yang masih belum menyadari dan menemukan karunia rohani dalam dirinya. Mereka gak menemukan karena mereka gak tahu Tuhan sudah menyediakannya atau bisa juga karena mereka mengabaikan karunia tersebut.

Tapi salah satu cara paling sederhana yang bisa kita lakukan untuk menemukan karunia rohani kita adalah dengan mengamati kebiasaan sehari-hari kita. Apakah kamu suka melayani orang lain? Apakah kamu cakap mengajar? Atau kamu suka berkhotbah? 

Cobalah memeriksa apa satu kebiasaan yang paling menonjol dari diri kita. Dengan menemukan karunia yang ada di dalam diri kita, Tuhan mau kita memakainya dengan maksimal untuk melayani Dia. Gak peduli bagaimana caranya, Tuhan pasti akan membukakan pintu kesempatan untuk kita memakai karunia tersebut. Bahkan Roh Kudus sendiri yang akan memimpinmu dengan cara yang tak terduga.

“Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.” (Efesus 2: 10)

 

Baca Juga: Dikuatkan Lewat Karunia Rohani

 

Macam-macam Karunia Rohani

Rasul Paulus menyampaikan di 1 Petrus 4: 10-11, “Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah. Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin.”

Karunia rohani yang ada pada setiap orang bukan saja hanya satu, tapi bisa lebih dari satu. Tentu saja Tuhan memberinya sesuai dengan kemampuan yang ada di diri setiap orang dan karunia itu sendiri harus dipakai untuk melayani atau membangun orang lain. 

Ada 9 karunia rohani yang dituliskan di dalam Alkitab diantaranya:

1. Administrasi 

“Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.” (1 Korintus 12: 7)

2. Pengertian 

“Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.” (1 Korintus 12: 8)

3. Bermisi, Menasihati dan Pendeta 

 

 

Baca Selanjutnya --->

“Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar; jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati.” (Roma 12: 7-8)

4. Memberi

“Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas..” (Roma 12: 8b)

5. Menolong

“siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita…” (Roma 12: 8)

“dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat...” (1 Korintus 12: 9-10)

6. Ramah Tamah

 “Berilah tumpangan seorang akan yang lain dengan tidak bersungut-sungut. Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.” (1 Petrus 4: 9-10)

7. Leadership

“…siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin.” (Roma 12: 8)

 

Baca Juga: Buah Roh Kudus Vs Karunia Roh Kudus

 

8. Bernubuat dan menafsirkan bahasa roh

“dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat...Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.” (1 Korintus 12: 10)

9. Mengajar

“jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar..”  (Roma 12: 7)

Apakah kamu sudah menemukan karunia rohani di dalam dirimu lewat 9 daftar di atas? Ingatlah bahwa Tuhan mungkin memberikan lebih dari satu dalam diri kita dan tujuan Tuhan memberinya adalah supaya kita menggunakannya untuk mendukung pelayanan-Nya di dalam tubuh Kristus. 

Rasul Paulus menulis dalam 1 Korintus 12: 18, “Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya.”

Tuhan memberikan kepada setiap orang karunia sesuai dengan ukuran kapasitasnya (1 Korintus 12: 6-7) dan seperti Tuhan menciptakan segala sesuatu-Nya di tengah dunia ini, dia juga memberikan karunia untuk menyatakan kemuliaan-Nya (Kolose 1: 16). Kamu bisa mengenali karunia rohanimu saat kamu mengasihi Tuhan dan sesama sama seperti dirimu sendiri (Lukas 10: 27).

 

Tuhan Bisa Memakai Orang Lain

Sebagian dari kita mungkin merasa kesulitan menemukan karunia rohani kita. Karena itulah peran orang lain sangat penting. Bisa jadi lewat orang lain, kita bisa semakin menyadari karunia yang ada di dalam diri kita.

Seperti contoh, seseorang bisa tiba-tiba berkata, “Hei, tampaknya kamu cukup ahli di bidang ini.” Kita baru menyadarinya setelah orang lain mengatakannya.

Jadi, kalau Tuhan sudah memilih kita sesuai rencana-Nya maka Dia akan memperlengkapi kita sesuai dengan karunia yang kita punya (1 Korintus 12: 18). Paulus sendiri menegaskan supaya jangan seorangpun yang membandingkan karunianya dengan milik orang lain dan bahkan mengingini karunia yang lebih dari yang dimiliki pun bahkan tidak bisa (1 Korintus 12: 31a).

 


Kamu diberkati dengan artikel-artikel kami? Mari dukung kami untuk terus menghasilkan konten-konten terbaik di website ini dengan menjadi mitra Jawaban.com. 

Buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk.

 

DAFTAR DI SINI

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami