#FaktaAlkitab: Kapan Orang Kristen Harus Ibadah Puasa?

#FaktaAlkitab: Kapan Orang Kristen Harus Ibadah Puasa?

Claudia Jessica Official Writer
941

Beberapa waktu lalu, umat Kristiani dunia telah merayakan Paskah, yakni hari memperingati kebangkitan Yesus setelah kematiannya di atas kayu salib.

Namun tahukah JCers, bahwa ada umat Kristen di dunia menjelang pra Paskah, yakni masa 40 hari sebelum Paskah, di mana dari Rabu Abu 17 Februari 2021 sampai hari minggu Palma yakni satu minggu sebelum Paskah, telah melakukan ibadah Puasa terlebih dahulu.

Seperti apa Fakta Alkitab mengenai hal berpuasa, apa tujuannya, kapan sebaiknya kita berpuasa, dan wajibkah orang Kristen berpuasa?

Puasa pertama disebut dalam Kitab Imamat

Dalam KBBI puasa adalah menghindari makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja, terutama bertalian dengan keagamaan. Imamat 16: 29 adalah ayat Alkitab pertama yang menyinggung hal berpuasa, yang berbunyi, “Inilah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu, yakni pada bulan yang ketujuh, pada tanggal sepuluh bulan itu kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa dan janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan, baik orang Israel asli maupun orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu.”

Ayat ini merupakan perintah Tuhan kepada bangsa Israel agar dilakukan setiap hari Raya Pendamaian yang artinya hanya sekali dalam setahun.

Hari Raya Pendamaian merupakan hari yang paling penting dalam kalender Israel. Hari itu harus menjadi sabat, yaitu hari perhentian penuh. Umat Israel harus berpuasa dengan tujuan untuk mengingat dosa mereka dihadapan Tuhan dan merendahkan diri supaya mereka dapat didamaikan dengan Allah (Imamat 16: 29-31).

Pada hari itu, imam besar akan masuk ke ruang Maha Kudus Bait Suci dengan membawa darah hewan untuk dipercikkan ke Tabut Perjanjian sebagai lambang penyucian dosa umat Israel. Hari Raya Pendamaian juga di sebut Yom Kippur.

 

Baca juga: Apa Saja Yang Tidak Boleh Dilakukan Orang Kristen Saat Berpuasa?

 

Bertambahnya hari puasa orang Israel

Alkitab banyak menyinggung perihal berpuasa, dimana Hari-hari puasa orang Israel bertambah. Puasa orang Israel yang sebelumnya hanya terjadi sekali setahun pada Hari Pendamaian, yakni pada tanggal 10 bulan yang ke-7 dalam kalender Yahudi, bertambah menjadi empat kali setahun, yakni bulan ke-4, ke-5, ke-7, dan bulan ke-10.

Zakharia 8: 19 - Beginilah firman TUHAN semesta alam: Waktu puasa dalam bulan yang keempat, dalam bulan yang kelima, dalam bulan yang ketujuh dan dalam bulan yang kesepuluh akan menjadi kegirangan dan sukacita dan menjadi waktu-waktu perayaan yang menggembirakan bagi kaum Yehuda. Maka cintailah kebenaran dan damai!

Tidak bisa dipastikan kapan penambahan hari puasa ini dimulai, yang jelas pada zaman nabi Zakharia melayani di Yehuda setelah pembuangan, hal ini sudah dilakukan. Puasa-puasa rutin tersebut muncul untuk mengenang berbagai malapetaka yang terjadi di sepanjang sejarah Israel. Diperkirakan hal berpuasa ini sama halnya dengan masa puasa yang ditetapkan sebagai acara seremonial umat Yahudi pada zaman Ester (Ester 9:31).

 Tujuan utama puasa

 

Baca di halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami